IPB RESPON Tantangan SDGs dan Luncurkan Konsep Agro-Maritim 4.0



Bogor, Beritainspiratif.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali menggelar upacara wisuda, di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, Bogor, Rabu, (16/1/2019) lalu.

Pada Wisuda dan Penyerahan Ijazah Tahap IV Tahun Akademik 2018/2019 ini, IPB menyerahkan ijazah kepada 775 orang lulusan, yang terdiri dari 94 orang lulusan Program Diploma I Sekolah Vokasi, 35 orang lulusan Program Diploma III Sekolah Vokasi, 464 orang lulusan program Sarjana, 24 orang lulusan program Pendidikan Profesi Dokter Hewan, 131 orang lulusan program Magister, dan 27 lulusan program Doktor. Hingga wisuda pada tahap ini, IPB telah memiliki 157.313 alumni.

“Alhamdulillah, tidak terasa kita sudah memasuki tahun 2019. Semoga IPB dapat memegang teguh Rencana Jangka Panjang yakni menjadi kampus techno-socio enterpreneur,” tutur Rektor IPB, Dr. Arif Satria ketika membuka wisuda.

Melalui taglinenya, lanjut Rektor IPB, Race in Excellence to Shape IPB, arah pengembangan yang dilakukan IPB saat ini berfokus pada isu-isu strategis yang dihadapi saat ini.

Rektor IPB menegaskan perannya dalam pembangunan nasional melalui peluncuran konsep Agro-Maritim 4.0. Konsep tersebut bertujuan merespon tantangan pencapaian SDGs dan revolusi industri 4.0 di bidang pertanian dalam arti luas.

Konsep Agro-Maritim 4.0 hadir untuk mengatasi masalah-masalah diskonektivitas pembangunan agro-maritim, degradasi lingkungan dan sumber daya alam, rendahnya kesejahteraan masyarakat, kerawanan pangan, rendahnya kontribusi sektor agro-maritim terhadap pertumbuhan ekonomi, dan ketimpangan pembangunan antarwilayah di Indonesia.

“Agro-Maritim 4.0 mengintegrasikan pengelolaan wilayah darat dan laut secara inklusif yang melibatkan sistem sosial, ekonomi, dan ekologi yang kompleks. Integrasi ini diwujudkan melalui pendekatan utama yaitu transdisiplin, konektivitas wilayah ekologis (ecoregion-connectivity), terintegrasi dan partisipatif (integrated-particitipatory),” tambah Rektor yang dilansir laman resmi IPB.

Ia menambahkan, Agro-Maritim 4.0 menegaskan bahwa seluruh disiplin ilmu sama berperan penting dalam penyelesaian isu Agro-Maritim yang kompleks. Dengan mengusung Creating Value sebagai ciri utama, maka teknologi Agro-Maritim 4.0 tidak semata melibatkan satu disiplin keilmuan saja tetapi melibatkan berbagai disiplin ilmu.

Penerapan konsep Agro-Maritim 4.0 mensyaratkan sejumlah ciri SDM untuk mencapai tujuannya. Generasi milenial sebagai agent of change diharapkan mampu mendiseminasikan inovasi agro-maritim 4.0 secara inklusif dan menyentuh komunitas.

Dalam hal ini, lulusan IPB harus terus mengasah diri untuk memiliki ciri SDM 4.0 yaitu memiliki keterampilan kunci dalam karir dan hidup, memiliki ketrampilan mengelola informasi, media, dan teknologi, memiliki keterampilan belajar dan berinovasi dan mampu menerapkan keterampilan komunikasi yang efektif.

Sepanjang tahun 2018 dan di awal tahun 2019 ini, IPB telah mengukir berbagai prestasi yang membanggakan, baik di level institusi, staf pendidik dan kependidikan, maupun para mahasiswa. Prestasi yang diraih oleh IPB secara institusi yaitu: IPB termasuk 100 Perguruan Tinggi terbaik di dunia versi QS World University Ranking by Subject Agriculture and Forestry; Top 40 The Most Sustainable University in the World dan Peringkat 2 di Indonesia versi UI Green Metric di akhir tahun 2018, terbaik III Kategori Media Sosial PTN-BH pada Anugerah Humas PTN dan LLDikti 2018 oleh Kemenristekdikti di awal tahun 2019 ini. IPB juga dinobatkan sebagai PTN Paling Informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2018 dari Komisi Informasi Pusat.

Hal ini tidak lepas dari komitmen IPB untuk selalu memberikan layanan pada masyarakat berupa kemudahan mengakses informasi tentang IPB. Salah satunya melalui aplikasi berbasis mobile phone. Aplikasi tersebut diantaranya IPB Repository, IPB Today, IPB Mobile for Student, IPB Mobile for Lecturer, IPB Mobile for Staff, dan kini hadir IPB Mobile for Parent. Fitur yang tersedia pada IPB Mobile for Parent seperti transkrip nilai mahasiswa, jadwal kuliah mahasiswa, kehadiran mahasiswa di kuliah/praktikum, dan transkrip pembayaran SPP/UKT per semester. Selain itu, IPB juga mendapat anugerah Widyapadhi Peringkat 1 Nasional sebagai kampus paling inovatif.

(Yanis)

Berita Terkait