Inspiratif, Di Tangan Pengusaha Ini, Empal Gentong Menjadi Makanan Kaleng



Cirebon,Beritainspiratif.com - Empal gentong menjadi salah satu kuliner wajib yang banyak diburu oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Kekhasan empal gentong yang dibuat secara tradisonal dengan bumbu khas Indonesia,menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya.

Empal gentong yang biasa disajikan hangat yang diambil dari alat memasak berupa gentong (gerabah.red) yang terbuat dari tanah liat, namun di tangan pengusaha ini, empal gentong bisa dijadikan makanan kaleng siap saji yang bisa disantap kapan pun.

H Makmud atau yang lebih terkenal dengan sebutan H Apud, berinisiatif untuk membuat empal gentong kalengan agar bisa dinikmati kapan pun dan dimanapun.

"Awalnya saya tertarik empal gentong kaleng ini berawal dari gudeg Jogja yang sekarang sudah bisa disajikan dalam kaleng, kemudian saya coba belajar dan mendalami, dan saya optimis kalau empal gentong juga bisa disajikan dalam kemasan kaleng," ujar pengusaha yang memiliki outlet empal gentong terbesar di Cirebon ini.

H Apud juga mengatakan, salah satu bahan utama dalam pembuatan empal gentong adalah santan, untuk itu, dalam kemasan kaleng ini, santan dibikin sedemikian rupa agar tidak cepat basi.

"Santannya dimasak dan diolah dengan mesin, jadi tidak cepet basi," katanya.

Usaha empal gentong kemasan ini, diakui H Apud, sudah dijalankannya sejak 2 tahun silam, dengan mempekerjakan sedikitnya 15 orang dan empal gentong kemasan H Apud ini mampu memproduksi 500 kaleng setiap harinya.

"Sementara ini sih pemasarannya masih di Cirebon saja, tapi saya optimis ke depan pemasaran bisa keluar Cirebon," tandasnya.

[Dekur]

Berita Terkait