Inilah Perabot Rumah yang Perlu Disemprot Disinfektan, Cegah Virus Corona



Beritainspiratif.com - Selama mewabahnya virus Corona, kita perlu menjaga kesehatan dan kebersihan diri serta di rumah. Selain kita harus mencuci tangan, kita juga hendaknya memastikan rumah kita bebas dari  virus Covid-19.

Membersihkan rumah mungkin sudah merupakan pekerjaan sehari-hari, akan tetapi ditengah mewabahnya virus Corona, kita perlu tahu  bagian-bagian apa saja yang perlu disemprot cairan dengan disinfektan.

Dilansir Wired, para peneliti menemukan bahwa virus Corona yang jadi pandemi bisa hidup di permukaan selama sehari. Bahkan untuk barang-barang yang terbuat dari plastik dan stainless steel, virus itu dapat menempel sampai dua atau tiga hari.

Karenanya, disarankan untuk membersihkan dengan cairan disinfektan di bagian-bagian permukaan di rumah, terutama yang sering dipegang.

Inilah bagian rumah yang perlu dibersihkan dan disemprot cairan disinfektan untuk cegah virus Corona, yakni:

- Gagang pintu/pagar
- Meja
- Bagian keras kursi
- Rak di dapur
- Rak di kamar mandi
- Wastafel dan kerannya
- Dudukan dan alat siram toilet
- Saklar lampu
- Remote televisi
- Alat game
- Keyboard dan mouse komputer

Cara Membersihkan

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengelap bagian-bagian tersebut dari debu dan kotoran. Baik dengan handuk yang dibasahi air bersabun atau memakai spray pembersih.

Lalu semprotlah bagian-bagian tersebut dengan cairan disinfektan khusus untuk permukaan-permukaan keras. Jika Anda punya atau tidak menemukan cairan disinfektan itu, bisa digantikan tisu atau spray disinfektan yang sudah jadi, atau bikin sendiri dengan mudah.

Caranya :

Campurkan empat sendok makan pemutih ke dalam satu liter air.

Lalu masukan cairan disinfektan tersebut ke dalam sebuah wadah spray.

Setelah disemprotkan ke bagian-bagian permukaan rumah diamkan cairan itu selama 10 menit, lalu mengelapnya dengan kain basah.*

Berita Terkait