Inilah Makna Tulisan di Bungkusan Nasi Padang



Beritainspiratif.com – Anda tentu pernah makan nasi Padang, baik makan di tempatnya maupun dengan cara di bungkus. Untuk nasi padang yang dibungkus, pelayannya akan memberikan tanda pada bungkusan nasi padang tersebut.

Tanda yang ada di bungkus nasi padang tersebut bukan karet gelang, akan tetapi tiap bungkus nasi Padang tersebut diberi tulisan oleh pelayan warung makan. Dan ternyata kode itu memiliki arti.

Baru-baru ini ada keunikan bungkus nasi padang yang menjadi ramai diperbincangkan di twitter. Keunikan bungkus nasi padang tersebut dibagikan oleh akun twitter bernama @infosumbar (27/01/2020).

"Kalau beli nasi bungkus di rumah makan, biasanya tiap bungkus nasi padang akan diberi tanda sesuai dengan lauk di dalamnya. Coba lauk apa yang ada di bungkus nasi Padangmu?," tulisnya di twitter.

Dalam unggahan tersebut, pemilik akun twitter juga menyertakan sebuah foto yang memperlihatkan sebungkus nasi padang dengan kode 'ABK'. Banyak yang belum tahu, bahwa kode unik tersebut digunakan oleh pemilik warung nasi Padang untuk memberi tanda 'ayam bakar'.

Tanda tersebut berfungsi sebagai pembeda berdasarkan lauk yang ada di dalam bungkus nasi padang yang satu dengan bungkus nasi padang lainnya. Kode unik itu ditulis secara manual oleh pemilik warung nasi Padang dengan menggunakan pulpen.

Ternyata keunikan nasi padang tidak hanya pada kode unik yang ada di bungkusnya saja, tetapi juga pada porsi makannya. Kamu pasti menyadari kalau porsi nasi Padang akan lebih banyak ketika dibungkus daripada ketika makan di tempat.

Selain itu rasa nasi Padang yang dibungkus juga jauh lebih lezat. Konon, porsi nasi Padang yang dibungkus dibuat lebih banyak karena penjual memang sengaja melakukan itu agar nasi Padang dapat dinikmati bersama-sama keluarga.

Sedangkan nasi padang yang dibungkus dirasa lebih lezat, karena bumbu masakan sudah meresap ke dalam nasi. Belum lagi terkena aroma daun pisang sebagai pembungkusnya yang dilapisi kertas. Tetapi kini banyak warung nasi Padang memakai kertas berlapis plastik atau dikemas dalam kardus. Tentu saja jadi kehilangan keunikannya. ***

Berita Terkait