Inilah 6 Bagian Mobil yang Harus Dicek Usai Mudik Lebaran



Beritainspiratif.com - Para pemilik kendaraan wajib memeriksakan mobilnya setelah dipacu perjalanan dengan jarak ratusan hingga ribuan kilometer untuk mudik ke kampung halaman.

Menurut sejumlah bengkel, seperti dikutip dari Antara pada Minggu, ada enam bagian mobil yang harus diperiksa setelah digunakan mudik, bagian itu antara lain oli mesin, rem, kopling, suspensi dan roda, pendingin udara (AC) serta aki dan kelistrikan mobil.

Berikut enam bagian mobil dari laman otomotif.bisnis.com, yang harus diperiksakan :

Oli mesin

Setelah mobil dipacu dalam waktu puluhan jam guna menempuh jarak yang jauh, hal pertama yang harus diperiksa adalah oli mesin.

Ada baiknya para pengguna mengganti oli mesin setelah mudik guna menjaga kondisi mesin tetap prima.

Kalau mudik jarak dekat tentu tidak perlu ganti oli, diutamakan mengganti oli mesin setelah mobil menempuh jarak 10.000 km.

Namun pergantian oli mesin bisa dipercepat apabila mobil telah bekerja keras tanpa berhenti untuk menempuh jarak jauh, terutama saat mudik.

 

Rem

Rem adalah komponen keselamatan yang sangat penting dalam sebuah unit kendaraan. Untuk itu, pemilik kendaraan wajib memeriksa rem setelah mudik guna memastikan tidak ada masalah yang berakibat fatal. Periksa ketebalan kampas rem, periksa juga piringan dan pelumasnya.

Suspensi dan roda

Pemilik kendaraan juga harus memeriksakan suspensi dan kondisi roda-roda kendaraan karena selama mudik, umumnya mobil dipaksa mengangkut beban yang berat dan menempuh jalur yang bergelombang.

Cek suspensi dan roda-roda, terutama untuk mobil-mobil yang lewat jalanan non-aspal. Biasanya ada kerusakan di bagian suspensi yang kurang meredam guncangan, velg juga bisa rusak kalau sering membentur lubang atau batu.

Kopling

Bagi yang menggunakan mobil bertipe transmisi manual, Anda juga perlu memeriksa kondisi kopling karena komponen tersebut rentan mengalami keausan karena terus bergesekan dengan mesin. cek juga kedalaman kopling, umumnya hanya disetel ulang. Namun kalau sudah tipis, disarankan diganti koplingnya.

Pendingin udara (AC)

Pendingin udara juga harus diperiksa oleh pemilik kendaraan karena digunakan tanpa henti selama melalui jalur mudik dan arus balik. Fungsi AC selain memberikan kenyamanan, juga membuat pengemudi tidak cepat lelah karena kondisi cuaca di Indonesia yang panas terutama jika ada kebocoran.

Aki dan kelistrikan

Periksa juga kondisi aki dan kelistrikan mobil. Selama mudik dan arus balik, aki mobil terus menyuplai kebutuhan listrik pada kendaraan sehingga para pemilik harus memeriksanya kembali setelah tiba di rumah.

Pemeriksaan yang biasa dilakukan adalah mengecek tegangan listrik aki serta kekecangan pada kabel utama yang terhubung ke terminal positif atau negatif pada aki. Periksa juga lampu-lampu utama, lampu rem, dan lampu sign yang terus digunakan selama mudik. (Yanis)

Berita Terkait