Inilah 3 Tipe Pengembangan Pariwisata Pemprov Jabar



Sumedang, Beritainspiratif.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan fokus memaksimalkan potensi pariwisata dalam lima tahun ke depan. Bahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan ada 3 tipe pengembangan pariwisata di Jawa Barat.

"Tipe pertama, adalah hibah dari Pemprov Jabar sebesar 15 Milyar untuk perbaikan akses pariwisata. Tipe kedua Hibah 50 Milyar untuk kabupaten/kota agar memaksialkan potensi destinasi wisatanya. Ketiga Pemprov Jabar bekerja sama dengan Kemenpar untuk menciptakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)," ungkap Ridwan Kamil, Minggu, (30/9/2018).

Ridwan Kamil menambahkan, Pemrov Jabar fokus pada pariwisata, karena pariwisata dapat mengangkat sektor ekonomi lainya.

"Kalau kita fokus ke pariwisata maka orang-orang lokal yang pengangguran akan terangkat potensi pekerjaannya.  Pertanian nanti akan terbeli karena nanti akan ada kuliner. Jadi, pariwisata itu multi dimensi," tambahnya saat menghadiri Festival Jati Gede di Sumedang.

Pada kesempatan yang sama, Kang Emil sapaan Ridwan Kamil juga menyerahkan gambar perahu khas Jatigede hasil karyanya sendiri kepada Bupati Sumedang Doni Ahmad Munir.

Pada Desember 2018 mendatang, Pemprov Jawa Barat juga akan memberikan hibah berupa bus pariwisata ke setiap kabupaten/kota.        (Yanis)

Berita Terkait