Ini Tujuan Pemkot Cirebon Dukung Pengembangan PPN Kejawanan

Cirebon, Beritainspiratif.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon Jawa Barat mendukung pengembangan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan melihat besarnya potensi ekonomi di tempat tersebut.

PPN Kejawanan merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang berlokasi di Kota Cirebon.

Penjabat Wali Kota Cirebon, Dedi Taufik, mengatakan pengembangan PPN Kejawanan masih sangat memungkinkan dan Pemda Kota Cirebon ingin bersinergis dengan Pusat (KKP) untuk menarik investor khususnya yang bergerak di bidang pengolahan ikan.

“Masih tersedia lahan 70 Ha lebih yang bisa dikembangkan, tinggal didukung aturan tata ruang (RTRW/RDTR),” katanya saat melakukan tinjauan ke PPN Kejawanan.

Dedi mengungkapkan berdasarkan informasi dari pengelola, komoditi andalan di PPN Kejawanan adalah industri pengepakan ikan, cumi dan rajungan yang tiap harinya diekspor ke China untuk ikan dan cumi serta Amerika Serikat untuk rajungan.

“Nilai perputaran uangnya sangat fantastis, mencapai ratusan miliar tiap bulannya,” ujarnya.

Ikan dan cumi yang diekspor ke China dari PPN Kejawanan satu kontainer dengan bobot 28 ton senilai Rp4 miliar dan dalam sebulan mampu mengirim 100 kontainer atau senilai Rp500 miliar.

“Ekspor rajungan dari PPN Kejawanan ke Amerika tiap bulan nilainya juga puluhan miliar,” kata Dedi.

Pada saat yang sama, Kepala UPT PPN Kejawanan (Dirjen Perikanan Tangkap KKP) Imas Masriah mengapresiasi dukungan Pemda Kota Cirebon dalam pengembangan PPN Kejawanan.

“Area ini dikelola Pusat tapi tetap berfungsi menyokong perekonomian daerah,” tuturnya.

Imas memaparkan kegiatan ekonomi di PPN Kejawanan memberikan efek ekonomi bagi masyarakat Kota Cirebon seperti dalam penyerapan tenaga kerja.

“Ada 16 investor di sini dengan jumlah serapan tenaga kerja mencapai ribuan orang,” ujarnya. (Yones)

Bagikan: