Ini Tips untuk Calon Jemaah Haji, Menurut Kadinkes Kabupaten Cirebon



Cirebon,Beritainspiratif.com - Banyaknya calon jemaah haji yang mengalami sakit di tanah suci menjadi kendala melaksanakan ibadah.

Untuk mengantisipasi gangguan kesehatan selama beribadah haji, Kepala Dinas Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, memberikan tips agar tetap sehat, seperti berikut:

Upayakan banyak istirahat dulu sesampainya di tanah suci, jangan dipaksakan karena perjalanan jauh. Kemudian jangan banyak kegiatan di luar karena cuaca yang panas.

"Banyak minum untuk menghindari dehidrasi. Makan makanan yang sehat, seperti buah dan sayur-sayuran tentunya. Selain itu sering cek kesehatan walaupun tidak merasa sakit. Contohnya memeriksa tensi darah. Maka jangan lupa juga menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat," kata Kadinkes, Senin (8/7/2010)

Enny tak menampik, saat di Madinah, rata-rata jemaah selalu berkeinginan menjalankan ibadah salat di Masjid Nabawi untuk mengejar arbain. Keinginan itu membuat mereka harus bolak balik dari pondokan atau hotel ke masjid.

Suhu udara di tanah suci sendiri sangat tinggi, berkisar 41-50 derajat celcius. Karena itu, sebagai tambahan, pihaknya menyarankan para calon haji membawa payung atau kacamata hitam demi mengurangi efek panas.

"Jangan lupa juga sedia obat-obatan pribadi. Di sana selalu ada saja yang sakit," tandasnya. (Dekur)

Berita Terkait