Ini Tiga prioritas pembangunan di Kecamatan Ciwaringin Cirebon

Cirebon,Beritainspiratif.com – Pemerintah Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, memprioritaskan tiga skala pembangunan pada 2020 yang akan datang, ke tiga skala tersebut adalah adalah aspek sosial hudaya, aspek ekonomi, dan yang terakhir aspek fisik.

Tiga aspek yang menjadi skala prioritas ini muncul pada saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembanguanan (Musrenbang). Dalam kesempatan tersebut, hadir beberapa anggota DPRD Kabupaten Cirebon Dapil 2, perwakilan dinas, dan 8 kepala desa yang ada di Kecamatan Ciwaringin.

“Ada beberapa point penting di masing-masing aspek perencanaan pembangunan. Seperti 4 point di aspek Slsosial budaya. Keempat point itu diantaranya, pendataan sasaran Kartu Identitas Anak (KIA), pelatihan teknik komunikasi, informasi dan edukasi (KIE), bagi Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan sub PPKBD di Klkecamatan dan desa, kemudian pelatihan kader kelompok bina keluarga balita, dan terakhir program manajemen pelayanan Pendidikan, “ ujar, Camat Ciwaringin, Bambang Sudaryanto, melalui Kasi Ekonomi dan Pembanguan (Ekbang) Kecamatan Ciwaringin, Juanda, pekan kemarin.

Dikatakan Juanda, diantara aspek tersebut tujuannya antara lain sebagai pemutakhiran data sasaran sebagai bahan perencanaan kegiatan di desa, meningkatkan dan melatih PPKBD dan Sub PPKBD dalam memberikan informasi dan edukasi tentang program KB pada masyarakat, dan tujuan lainnya pada intinya untuk kepentingan masyarakat bersama.

“Rencana kegiatan aspek ekonomi, yang pertama adalah pengendalian hama tikus demi mengamankan produksi pertanian, pelatihan pembuatan pupuk organik dari limbah rumah tangga untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan rumah tangga.

Ditambahkan Juanda, ada juga bimtek petani bagi pelaku agribisnis di balai besar padi Sukamandi. Kemudian ada pelatihan budidaya ikan gurame dengan melakukan pendampingan pada kelompok tani dan pembudidayaan ikan.

Juana juga menambahkan, aspek terakhir perencanaan pembangunan di tahun 2020 adalah mengenai pembangunan fisik. Diantaranya terdapat 2 program yang di unggulkan. Seperti program pengendalian dan pengamanan lalu lintas dengan pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (PJU) dan program pengembangan komunikasi, informasi dan media masa.

“Di tahun mendatang, kita juga akan melakukan pengadaan jaringan internet dan CCTV untuk area publik agar dapat meminimalisir tindak kejahatan di jalan yang rawan yang ada di desa, khususnya pada malam hari,” ujarnya.

(Dekur)

Bagikan: