Ini Kota dan Kabupaten di Jawa Barat yang Raih Penghargaan JDIH



Bandung, Beritainspiratif.com - Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) kota Sukabumi, meraih penghargaan terbaik tingkat Jawa Barat tahun 2018. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly di aula Gedung Sate Jalan Diponegoro kota Bandung, Kamis (25/10/2018).

JDIH terbaik kedua dan ketiga diraih oleh Kabupaten Bandung dan kota Bandung, sedangkan kota Cirebon meraih terbaik keempat.

Penyerahan penghargaan dilakukan bersamaan dengan peresmian 147 desa/ kelurahan Sadar Hukum serta Pengukuhan Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM dan Penobatan Duta Pelajar Sadar Hukum dan HAM.

Menteri menegaskan tidak mudah untuk mencapai predikat desa/ kelurahan Sadar Hukum, karena harus memenuhi kriteria dan persyaratan yang sangat ketat.

"Untuk penilaian tahun ini, menerapkan persyaratan baru dengan indikator yang lebih komprehensif sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman," ujarnya.

Ia berharap, desa/ kelurahan yang sudah meraih predikat Sadar Hukum menjadi percontohan bagi desa/ kelurahan lainnya dalam mewujudkan kesadaran hukum masyarakat.

"Daerah yang tingkat kesadaran hukumnya tinggi, sangat mendukung iklim investasi," ujar Menteri.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan hingga saat ini sudah 2.482 desa/ kelurahan dari 5.963 desa/ kelurahan di Jawa Barat yang sudah ditetapkan sebagai desa/ kelurahan Sadar Hukum.

Jawa Barat merupakan provinsi yang memiliki desa/ kelurahan Sadar Hukum terbanyak di Indonesia.

"Kami harapkan, dengan penghargaan ini kesadaran hukum di daerah masing-masing dapat dijaga, sehingga pembangunan dengan fondasi yang kuat bisa berlangsung dengan baik," ucapnya.      (Ida)

Berita Terkait