Ini Jurusan Baru yang  Dibuka Undip dan Unair Tahun Depan

Medan, Beritainspiratif.com – Ketua Dewan Pengurus Nasional Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (AFEBI), Suharmono, mengungkapkan beberapa tahun terakhir ini jurusan bidang sosial, ekonomi dan bisnis, mengalami kemerosotan dari jumlah peminat. Bahkan menurutnya tertinggal jauh dari jurusan bidang sains.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan peningkatan jumlah jurnal sejak tahun 2016, bahkan hingga 100 persen.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Undip itu menceritakan salah satu faktor peningkatan tersebut karena dosen yang tidak menerbitkan jurnal hanya akan menerima gaji sebesar 85 persen. Aturan tersebut diterapkan agar dosen terus mengembangkan pengetahuannya, Seharusnya kampus bisa menghasilkan lebih banyak data, kata Suharmono.

Oleh karena itu, rencananya kita akan membentuk jurusan baru pada tahun 2019, yakni ekonomi digital yang sesuai dengan perkembangan zaman dan mengejar ketertinggalan dengan negara-negara maju.

Hal tersebut diungkapkan Suharmono dalam sidang pleno Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (AFEBI) XV di Hotel Polonia, Medan, Jumat (3/8) yang dihadiri juga oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menristekdikti Mohamad Nasir sebagai pembicara, yang dilansir kumparan.com

Lebih lanjut, Suharmono menjelaskan jurusan ekonomi digital tersebut rencananya akan dirilis pertama kali di dua universitas negeri terlebih dahulu pada tahun 2019, Yakni Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Airlangga (Unair),” sambungnya.

Yanis

Bagikan: