Ini Harapan Presiden Jokowi kepada Mahasiswa

Denpasar, Beritainapiratif.com – Generasi muda khususnya mahasiswa di Indonesia diharapkan dapat terus melahirkan pemikiran dan karya-karya kreatif, sebagai salah satu upaya menghadapi perubahan dunia yang begitu cepat.

Harapan ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan kuliah umum dihadapan ribuan mahasiswa di Kampus ISI Denpasar, Sabtu (23/6).

“Dunia seni adalah dunia kreatif, dunia yang tidak monoton, yang berakar dan beradaptasi dengan perubahan dunia yang begitu cepat,” kata Presiden Jokowi, Sabtu (23/6), dikutip Elshinta.com dari antara.

Di Nusantara, khususnya di Bali, katanya, karena telah tumbuh dan berkembangnya kewirausahaan kreatif, yang berdasarkan pada sastra, seni, dan budaya.

“Kekayaan budaya bangsa yang sangat luar biasa menjadi bahan baku dan sumber inspirasi dari proses industri kreatif yang melahirkan karya-karya yang bernilai tinggi,” ujarnya.

Menurut Presiden, dengan modal budaya yang dimiliki, yang diikuti dengan kreativitas yang tinggi, tentunya menjadi pondasi yang kuat untuk memajukan industri kreatif. Jokowi menjelaskan bahwa modal seni budaya merupakan sumber kekayaan Indonesia yang sudah menjadi DNA bangsa. Apalagi, bangsa Indonesia memiliki setidaknya 714 suku bangsa yang menjadi sumber inspirasi untuk menghasilkan loncatan-loncatan di bidang seni budaya.

Di sisi lain, Presiden mengingatkan bahwa Revolusi Industri 4.0 harus dihadapi dan diantisipasi dengan serius. Revolusi ini ditandai dengan peradaban manusia yang berubah dengan cepat. Untuk itu, lanjut Presiden, dibutuhkan semangat juang untuk maju, mendobrak dinding yang menghambat, mendobrak pola pikir lama untuk melahirkan pemikiran karya baru.

“Dibutuhkan kreativitas agar bisa beradaptasi dengan cepat dan perubahan yang ada, menghasilkan karya yang mengakar pada kearifan lokal, yang sekaligus menjadi pondasi masa depan yang baru,” katanya.

(YoC)

Bagikan: