Indonesia Kecam Keras Serangan Senjata Kimia Ke Suriah



Jakarta, Beritainspiratif.com - Pasca serangan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya menembakan lebih dari 100 peluru kendali dan senjata kimia ke Suriah, Indonesia menyatakan keprihatinannya dan mengecam keras serangan tersebut.

"Indonesia sangat prihatin dengan perkembangan yang terjadi di Suriah. Minggu lalu, Indonesia menyampaikan kecaman keras penggunaan senjata kimia di Suriah oleh pihak mana pun," kata pernyataan pers Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia di Jakarta, Sabtu (14/4).

Dilansir antaranews.com, pemerintah Indonesia mengimbau agar semua pihak mau menahan diri dan mencegah situasi keamanan dan keselamatan di Suriah menjadi semakin buruk.

Selain itu, Pemerintah Indonesia menegaskan kepada semua pihak untuk menghormati nilai dan hukum internasional, khususnya Piagam Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengenai keamanan dan perdamaian internasional.

Selanjutnya, Pemerintah Indonesia juga meminta semua pihak untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat sipil, terutama keselamatan wanita dan anak-anak harus selalu menjadi prioritas.

Pemerintah Indonesia pun kembali menekankan pentingnya penyelesaian konflik di Suriah secara komprehensif melalui negosiasi dan cara-cara damai.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah memerintahkan pelaksanaan serangan ke Suriah dengan menargetkan pengguna senjata kimia setelah terjadinya serangan gas beracun pekan lalu, yang menewaskan setidak-tidaknya 60 orang.

(Kaka)

Foto: bbc.com

Berita Terkait