Indonesia FIBERTalk 2019, Pemda Kota Cirebon Ajang Update dan Sharing Pengetahuan



Cirebon, Beritainspiratif.com – Pemerintah Daerah Kota Cirebon pada hari Kamis, Tanggal 24 Juni 2019 diundang oleh FFTH Council Asia Pasific sebagai pembicara dalam acara Indonesia FIBERTalk 2019 yang diselenggarakan di Hotel JW Marriott Jakarta.

Acara tersebut adalah acara tahunan yang dihadiri oleh perwakilan dari 9 (sembilan) negara Asia Pasifik seperti: Malaysia, Jepang, Singapura, Indonesia, dan sebagainya. Acara tahunan ini bertujuan untuk mengakselerasi implementasi dan penetrasi akses serat optik kepada seluruh konsumen dan organisasi dalam rangka menyajikan dan menggunakan layanan Broadband melalui update dan sharing pengetahuan.

Dalam forum ini para anggota FTTH Council juga mendorong implementasi Serat Optik yang optimal guna menunjang jaringn 5G kedepannya. Wali Kota Cirebon yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Iing Daiman, memaparkan tentang Cirebon Smart City dengan Topik “Digital Infrastructure as a Smart City Enabler”.

Dalam pemaparan tersebut diperkenalkan bahwa Cirebon Smart City merupakan implementasi salah satu kota pintar yang unik karena mengutamakan kearifan lokal dibandingkan kabupaten / kota lain di Indonesia.

Kota Cirebon juga sangat mendukung akselerasi pengembangan dan penggunaan Serat Optik yang dilakukan oleh para provider khususnya di wilayah Kota Cirebon karena Pemerintah Daerah Kota Cirebon mengakui bahwa Serat Optik sebagai salah satu Infrastruktur Digital yang dapat membantu mengakselerasi implementasi Cirebon Smart City khususnya dalam penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi baik untuk layanan pemerintahan maupun layanan publik untuk masyarakat. (Yones)

Berita Terkait