Indocement Raih Dua Penghargaan Program CSR



Cirebon,Beritainspiratif.com - PT Indocement Tunggal Perkasa Pabrik Palimanan berhasil meraih dua penghargaan masing-masing dari Pemerintah Kabupaten Cirebon dan juga Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pemerintah Kabupaten Cirebon memberikan penghargaan kepada pelaku usaha yang ada di Kabupaten Cirebon yang melakukan program Corporate Social Responbility (CSR), di Hotel Verse, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Kamis (21/11/2019).

Sebagai mitra pembangunan Jabar melalui program CSR PT Indocement juga telah menerima piagam penghargaan dari Gubernur Ridwan Kamil Senin (18/11/2019) silam di Trans Luxury Hotel Bandung.

Otto Ahadijat selaku Assistant to General Manager PT Indocement Palimanan, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon dan juga Pemerintah Provinsi Jawa Barat atas penganugerahan ini dan juga mengucapkan terima kasih kepada Bapelitbangda yang telah menginisiasi terbentuknya forum CSR Kabupaten Cirebon.

"Kami sudah menjalankan program CSR sejak tahun 2000 namun masih fokus pada pemberdayaan masyarakat di desa-desa sekitar pabrik Palimanan agar warga sekitar bisa turut sejahtera bersama melalui program 5 pilar dan program pembangunan berkelanjutan," ujar Otto, Jumat (22/11/2019).

Sementara itu, Bupati Cirebon, Imron Rosadi, mengatakan, program untuk kepedulian masyarakat menggunakan dana APBD tidak bisa digunakan secara mendadak, tetapi dari dana CSR perusahaan bisa langsung karena tidak terpaku dengan sistem penggunaan anggaran dan
perusahaan harus jadi mitra pemerintah terkait kepedulian kepada masyarakat.

"Forum CSR Kabupaten Cirebon, pada 2018 telah mengelola sebesar Rp 6.2 miliar, 50 persennya dipergunakan untuk pembangunan fisik, mulai dari sarana umum, pendidikan, ruang terbuka, pengelolaan sampah, dan perbaikan wilayah pesisir.
Sedangkan 50 persen lainnya, untuk pendampingan kelompok usaha mandiri, pemasaran produk, pengobatan gratis, beasiswa, pendidikan warga kurang mampu, dan pembangunan rutilahu," ujar Imron.

Dikatakan Imron, Pemerintah Kabupaten Cirebon, memberikan penghargaan Corporate Social Responsibility (CSR) tahunan kepada sejumlah perusahaan swasta, badan usaha milik daerah (BUMD), dan badan usaha milik negara (BUMN).

"Beberapa perusahaan yang diberikan penghargaan oleh Bupati di antaranya, PDAM Tirtajati Kabupaten Cirebon, Cirebon Power, PT Indocement, Bank BJB, PT Kereta Api Indonesia, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI)," tambahnya. (Dekur)

Berita Terkait