Ibu-Ibu PKK Kabupaten Badung (Bali) Catatkan Rekor MURI Tari Pendet Penari Terbanyak

Badung, Beritainspiratif.com – Hari jadi ke-9 Kabupaten Badung digelar tari pendet massal yang melibatkan 2.621 penari di apangan Kantor Pusat Pemerintahan Mangunpraja Mandala, di Badung, Bali, Jum’at (16/11/2018).

Dilansir dari laman MURI, Tari pendet merupakan sebuah tarian persembahan kepada Yang Mahakuasa atau para tamu yang sangat dihormati dan tak terpisahkan dalam kehidupan beragama, menyatu dan senafas dengan masyarakat.

Guna melestarikan dan mengukuhkan pagelaran tari pendet sebagai kebudayaan serta kesenian milik Indonesia, khususnya Pulau Dewata Bali, tercatat dalam rekor MURI nomor 8741, dengan Rekoris Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung, yang menampilkan jumlah penari pendet terbanyak.

Ketua Penggerak PKK Kabupaten Badung, Nyonya Seniasih Giri Prasta (istri Bupati Badung) menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk melestarikan tari pendet di kalangan ibu-ibu.

“Kami ingin tari pendet yang tergolong tarian sakral ini dilestarikan dengan mengajak ibu-ibu PKK Badung untuk bisa menarikannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut diharapkan I Nyoman Giri Prasta ini, kegiatan ini bisa dicontoh oleh kabupaten lain dalam rangka pelestarian seni, adat dan budaya.

“Kami juga mengajak seluruh ibu-ibu PKK desa untuk belajar Tari Pendet. Ke depan, anak-anak TK di Badung juga akan kami imbau agar diajarkan menari di sekolah masing-masing,” pungkasnya.

(Yanis)

Bagikan: