Ibu Ani Yudhoyono Sang Pencinta Anggrek



Jakarta, Beritainspiratif.com - Di tengah kesibukan Ani Yudhoyono semasa hidupnya sangat mencintai anggrek. Ani Yudhoyono tetap meluangkan waktu untuk berkebun dan mengurus sendiri tanamannya. Hal ini pun pernah disampaikan SBY melalui postingan Facebook di akun pribadinya yang diberi judul SBY-Ibu Ani dan Bunga Anggrek.

"Sudah menjadi rahasia umum bahwa Ibu Ani menyukai berkebun. Di halaman kediaman SBY dan Ibu Ani terdapat berbagai macam jenis tanaman, mulai dari tanaman hias di pot hingga pohon rambutan dan sukun. Salah satu koleksi terbanyak dari tanaman hias yang ada adalah bougenville dan anggrek.

Berbagai varietas anggrek ditanam dan menghiasi halaman rumah mereka. Dalam memelihara keasrian taman, Ibu Ani dibantu oleh tukang kebun," tulis SBY dalam unggahan di Facebook pada (1/8/2015) yang dilansir Kompas.com.

Melihat kecintaan Ani pada bunga anggrek sejak lama membuat salah satu varietas anggrek baru yang ditemukan oleh Suskandari Kartikaningrum, Yoyo Sulyo, Laily Qodriah, dan Suparmin dari Balai Penelitian Tanaman Hias Indonesia, menyematkan nama Ibu Ani pada anggrek tersebut.

Varietas baru tersebut ditemukan dalam Kegiatan Pelepasan dan Perlindungan Varietas tanaman Hias pada tahun 2007. Bahkan menteri pertanian kala itu, Anton Apriyantono menyetujui pelepasan varietas sebanyak 18 kultivar, melalui Keputusan Menteri Pertanian No.706/Kpts/SR.120/5/2008 tentang Pelepasan Anggrek Spathoglottis Ani Bambang Yudhoyono sebagai varietas unggul.

Selain itu, Singapura juga pernah menghadiahi Ani Yudhoyono anggrek hasil persilangan D. Pikul Tuck Soon dan D. Adele William diberi nama Dendrobium Susilo Bambang Yudhoyono "Ani".

Anggrek ini merupakan bentuk penghormatan kunjungan Ani ke Singapore Botanic Gardens pada 15 Februari 2005. Berbicara tentang bunga kesukaan ibu Ani, anggrek adalah jenis tanaman hortikultura yang sudah ada sejak lama, memiliki jumlah beragam, dan tersebar luas di berbagai pernjuru dunia. Menurut seorang ahli anggrek Tom Mirenda, anggrek merupakan tanaman hias yang sangat produktif dan juga unik. Mungkin ada beberapa fakta menarik tentang bunga kesukaan ibu Ani dan merupakan salah satu bunga paling populer di dunia yang belum Anda ketahui. Berikut rangkumannya dari Live Science (9/4/2013).

  1. Ada lebih dari 25.000 spesies anggrek di dunia Keluarga Orchidacea adalah rumah bagi lebih dari 25.000 spesies bunga anggrek. Para ilmuwan menduga, jumlah ini akan terus bertambah, terutama di lokasi topikal dan hortikultura hibridasi yang memungkinkan anggrek menciptakan spesies baru.
  2. Anggrek memiliki kemiripan dengan wajah manusia Sebagian besar anggrek tersebar di seluruh dunia karena peran manusia yang ingin mengembangbiakkannya. Mirenda berpendapat, perwujudan anggrek yang cantik dan memiliki kemiripan dengan wajah manusia membuat banyak orang menyukai bunga ini. Anggrek memiliki simetri bilateral seperti wajah manusia. Maksudnya, jika kita menggambar garis imajiner tepat di tengah bunga anggrek maka kedua sisi bak cermin terbelah dua. Hal yang sama juga terjadi pada wajah manusia.
  3. Anggrek ahli dalam urusan menipu "Anggrek dapat menipu serangga untuk datang menyerbuki mereka," ujar Mirenda. Bagian-bagian reproduksi dari bunga anggrek memiliki bentuk dan warna menyerupai jenis serangga yang ingin "ditipu". Setelah serangga tertarik, serbuk sari anggrek menempel pada serangga sampai terbang untuk menemukan anggrek lain yang dianggap sebagai pasangan serangga. Baca juga: Anggrek Hantu Baru dari Indonesia, Suka Kegelapan dan Berbau Busuk
  4. Para ilmuwan menemukan fosil serbuk sari anggrek pada seekor lebah. Serbuk sari dari anggrek kuno ditemukan di bagian belakang seekor lebah yang terbungkus damar, sebagaimana dirinci dalam penelitian 2007 di jurnal Nature. Fosil itu berasal dari sekitar 10 juta atau 15 juta tahun yang lalu, tetapi Mirenda menduga bahwa keluarga anggrek jauh lebih tua. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan beberapa spesies anggrek sekitar 120 juta tahun yang lalu, sebelum benua terbagi menjadi bentuk seperti saat ini. Dua spesies anggrek yang habitat aslinya terpisah ribuan mil sebenarnya sangat terkait. "Para ilmuwan menduga, anggrek mungkin memiliki nenek moyang yang sama sebelum mereka dipisahkan oleh pergeseran benua," kata Mirenda.
  5. Vanila merupakan spesies anggrek. Anda tentu tidak asing dengan aroma vanila dari tanaman vanili berdaun datar. Untuk diketahui, tanaman vanili yang populer itu merupakan salah satu spesies anggrek.

[Yanis]

Berita Terkait