IAEI Jabar dan Ponpes Nurul Hidayah Gelar Hajatan Akbar di Priangan Timur

Ciamis, Beritainspiratif.com – Seminar Nasional, Expo, Maulid Nabi dan rangkaian acara lain nya yang di gelar DPW IAEI Provinsi Jawa Barat serta Pondok Pesantren Nurul Hidayah pada hari Rabu (6/11/2019) menyedot antusiasme masyarakat Ciamis dan wilayah sekitar yang dihadiri tak kurang dari 1500 orang berkumpul dari pagi sampai sore.

Ibu Riki Anugrah Sari, selaku Perwakilan dari DPW IAEI Provinsi Jawa Barat menyampaikan apresiasinya kepada pihak Pondok Pesantren Nurul Hidayah yang telah bekerja sama dan berkenan menjadi tuan rumah hajatan akbar tersebut.

“Pujian kepada panitia layak disematkan, juga kepada seluruh narasumber dan berbagai elemen yang hadir serta ikut mensukseskan acara tersebut,” katanya.

Acara yang digelar sebagai bagian dari pengembangan ekonomi syariah di Jawa Barat, khusus nya di priangan timur menghadirkan banyak tokoh, Kyai, akademisi, praktisi dan pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Ciamis serta dihadiri para tamu khusus seperti lembaga perbankan, Dinas pariwisata kab. Ciamis serta berbagai Organisasi seperti: Muslimat NU Jabar, IPEMI Jabar, IWAPI Jabar dan beberapa lembaga seperti Koperasi atau komunitas lainnya

Ada pun para peserta, terdiri dari masyarakat setempat, santri dari berbagai pondok pesantren, praktisi dan pegiat UMKM, mahasiswa dan lain lain. Kegiatan ini mendapat dukungan dari banyak pihak seperti: Cai Nurul Hidayah (CNH) Berita Inspiratif.com, Muslimat NU dan IPEMI Kab. Ciamis, KITANU, ESQ, Sharing Vision dan Business Initiative Movement (BIM).

Hj. Cici Handritin, Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hidayah, menyampaikan bahwa Ekonomi syariah akan berkembang jika dilakukan dengan visi dan misi yang kuat serta nyata.

Beliau berilustrasi: “tinggal di kamar gelap dan berharap matahari datang adalah hal yang mustahil. Keluarlah dari kamarmu karena sang matahari telah siap menerangi dan menghangatkanmu demikian juga dengan sang matahari ruhani, kita tidak perlu mencari nya yang diperlukan hanya segera membebaskan diri dari kebencian, keluhan, kesombongan, keangkuhan, iri, dengki, sulit memaafkan dan banyak lagi kegelapan yang menyelimuti kita sendiri,” katanya.

“Gajah menjadi incaran banyak penjahat karena memiliki berkah yg bernama gading. Seperti juga otak dan pikiran kita yang merupakan berkah pemberian Alloh SWT. Jika kita mampu menggunakan otak dan pikiran kita dengan baik, untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam hidup, maka otak dan pikiran menjadi berkah. Tetapi jika kita gagal memanfaatkannya, maka ia akan menjadi sumber bencana yang membuat hidup kita dipenuhi masalah dan penderitaan yang datang silih berganti,” tambahnya.

“Ingat bahwa pikiran adalah sopir, tubuh kita adalah kendaraannya, jiwa kita adalah penumpangnya dan segala keinginan kita adalah kondekturnya. Tugas sopir (pikiran) adalah mengantarkan penumpang (jiwa) melalui kendaraan (tubuh ini) ke tempat asalnya jiwa, pulang kampung (mudik), memenuhi ayat Inna Lillahii wa Inna Ilaihi rooji’uun,” pungkasnya.

Ada pun seminar nasional yang bertajuk: Perkuat Ekonomi Syariah Melalui Halal Value Chain menghadirkan pembicara, yaitu:
Pembicara dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 2, Provinsi Jawa Barat yang diwakili Bapak Hadi dari OJK Tasikmalaya menyampaikan penting nya meningkatkan kualitas, kuantitas dan kontinuitas dalam pengembangan produk UMKM serta menyampaikan berbagai pola pembiayaan dan informasi fungsi OJK seputar bentuk pengaturan dan pengawasan lembaga perbankan maupun non perbankan.

Sementara Bapak Arif selaku Kabid Industri dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat menyampaikan kesiapannya kepada IAEI Jabar untuk membantu UMKM dan berbagai komunitas pegiat ekonomi syariah dalam fasilitasi halal untuk kegiatan disperindag pada Tahun 2020.

Dalam acara ini juga dipanjatkan doa yang di pimpin oleh Roni Ilham Subagja, Sekretaris DPW IAEI Jawa Barat untuk kemajuan bangsa khususnya kepada Prof. Dr. (H.C) KH. Ma’ruf Amin yang menjadi Wakil Presiden, Ketua Umum IAEI Ibu Sri Mulyani Indrawati, Ph.D yang kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan dan Prof. Bambang Brodjonegoro, Ph.D Ketua Umum IAEI sebelumnya yang sekarang menjadi Menteri Riset dan Teknologi. Semoga senantiasa selalu diberikan kesehatan, kekuatan dan keberkahan untuk Indonesia maju khususnya pengembangan Ekonomi Syariah di Indonesia,” panjatnya.

Beliau, menutup acara seminar nasional dengan mengambil kutipan dari Ali Bin Abi Tholib untuk selalu ada dalam jalan kebenaran: “Don’t feel lonely on the road of righteousness because of the fewness of travelers on it,” tutupnya. (Roni)

Bagikan: