Hujan Meteor Akan Terjadi Sepanjang Bulan Mei, Disaat PSBB Covid-19



Beritainspiratif.com - Lembaga Pener­bangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Komunitas Astronomi, Langit Selatan membagikan beberapa fenomena langit yang bisa disaksikan sepanjang Mei sebagaimana dilansir di situs LAPAN.Go.Id.

Hujan meteor dan hilangnya Merkurius akan menjadi fenomena langit sepanjang Mei mendatang. Fenomena ini menjadi pertunjukan alam yang menarik untuk disaksikan saat penerapan Pembatasan Sektor Berskala Besar (PSBB).

Pada tanggal 5 mei akan terjadi Hujan Meteor Eta Aquariid, yang dimulai sejak tanggal 19 April - 28 Mei, yang berasal dari sisa komet Halley akan mencapai puncak pada 5 Mei.

Hujan meteor tersebut akan tampak tampak datang dari rasi Aquarius dan bisa diamati setelah lewat tengah malam sampai jelang fajar, sekitar pukul 01:26 WIB.

Bulan sedang menuju purnama dan terbenam pukul 03:34 WIB. LAPAN mengatakan bulan purnama akan mengganggu penglihatan ke meteor. Sebagian besar aktivitas terlihat di belahan bumi selatan. Di Belahan Bumi Utara, angka ini dapat mencapai sekitar 30 meteor per jam.

Halley, yang telah dikenal dan diamati sejak zaman kuno. Hujan meteor
ini berlangsung setiap tahun dari 19 April hingga 28 Mei. Di malam puncak ini, pengamat bisa melihat 40 sampai 85 meteor yang berasal dari sisa komet Halley setiap jam dengan kecepatan 66,9 km/detik. ***

Berita Terkait