Hasil Riset : Ini yang Terjadi Saat Memeluk Anak

Bandung, Beritainspiratif.com – Bagi sebagian orang tua, menjaga keakraban dengan anak yang banyak, mungkin memiliki kesulitan tersendiri, namuan bagi Wali Kota Bandung Oded M Danial hal itu bukanlah sesuatu yang sulit. Mang Oded bercerita bagaimana dirinya bisa tetap hangat dengan 7 orang putra- putrinya.

Pada peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kota Bandung, di Taman Lalu Lintas Kota Bandung, Minggu (30/9/2018) lalu Mang Oded sapaan Oded M Danial menyampaikan sebuah hasil riset tentang memeluk anak.

Ia memaparkan bahwa hasil penelitian Prof. Sheldon Cohen, seorang profesor psikologi dari Carnegie Mellon University, Amerika Serikat tahun 2014 menyimpulkan, berpelukan merupakan bentuk dukungan sosial yang memiliki korelasi dengan pencegahan penyakit menular yang diakibatkan oleh stress.

Saat berpelukan, hormon oksitosin akan terlepas sehingga membuat seseorang lebih rileks dan bahagia. Berpelukan secara rutin dapat menurunkan risiko terkena penyakit menular.

Berbagai keterangan ilmiah, demikian dipertegas Mang Oded, telah menyatakan bahwa memeluk anak selama 20 detik dapat berdampak positif, baik secara fisik maupun mental.

“Memeluk anak selama 20 detik dapat berdampak positif, baik secara fisik maupun mental minimal sekali di pagi hari. Dan kalau bisa juga sebelum tidur,” jelasnya.

Dikutip dari laman resmi Humas Bandung, selain meningkatkan imunitas, berpelukan juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga memperkecil resiko terkena penyakit cardiovascular. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2014 oleh tim peneliti University of North Carolina.

Mang Oded berpesan agar orang tua selalu menjaga anak-anaknya “Anak itu anugerah dari Allah, Kita wajib menjaga dan menjadikan hidupnya bahagia,” pungkasnya.    (Yanis)

Bagikan: