Haru Suandharu Dukung Relokasi dan Pelebaran Sungai Cinambo Guna Atasi Banjir di Bandung Timur



Bandung, Beritainspiratif.com - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Haru Suandharu, mendukung pelebaran sungai Cinambo untuk mengatasi banjir di wilayah Bandung Timur.

Luapan air sungai Cinambo saat curah hujan tinggi, kerap kali mengakibatkan banjir dan merendam permukiman di kelurahan Rancabolang kecamatan Gede Bage kota Bandung.

Namun demikian, kata Haru pelebaran sungai harus terintegrasi dengan relokasi warga yang tinggal di bantaran sungai.

"Saat ini masih ada penduduk yang tinggal di bantaran sungai Cinambo, sehingga perlu direlokasi agar pelebaran sungai dapat dilakukan," katanya saat menampung aspirasi warga RW 01 sampai RW 06 kelurahan Sukamulya kecamatan Cinambo kota Bandung, Senin (9/3/2020).

Menurut Haru, sesuai aturan 15 meter bantaran sungai tidak boleh ada bangunan sebagai tempat tinggal. Hal itu untuk melindungi warga dan hartanya dari luapan air sungai.

"Kenapa tidak boleh tinggal di bantaran sungai ? Karena saat air sungai meluap bisa berbahaya bagi keselamatan jiwa dan harta warga yang tinggal di bantaran sungai. Aturannya adalah 15 meter bantaran sungai tidak boleh ada bangunan," ujar anggota DPRD Jabar dari Dapil 1 kota Bandung dan kota Cimahi tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Haru, relokasi warga yang tinggal di bantaran sungai harus jadi prioritas.

Saat ini pemerintah gencar membangun rumah susun sewa (rusunawa), untuk merelokasi warga yang tinggal di bantaran sungai.

"Yang sedang digarap oleh pemerintah (pemkot Bandung) adalah rumah deret di Tamansari. Salah satunya untuk menata, agar tidak ada lagi warga yang tinggal di bantaran sungai," ujarnya.

(Ida)

Berita Terkait