Hari Santri Nasional dengan Makan Ikan Santri Terbanyak Catatkan Rekor MURI



Probolinggo, Beritainspiratif.com - Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerja sama dengan Kumparan menyelenggarakan kegiatan makan ikan secara massal yang merupakan bagian dari kampanye “Gemarikan” (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) untuk generasi sehat dan cerdas dengan asupan protein dan omega yang cukup.

Dilansir dari laman Rekor MURI, sebanyak 4,5 ton ikan yang disediakan Kementerian Kelautan dan Perikanan dimasak di 21 dapur Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo dan disajikan kepada 12.110 santri serta dibagikan untuk masyarakat.

Susi Pudjiastuti menyampaikan dalam sambutannya mengimbau kepada para santri untuk gemar makan ikan serta mengajak untuk kreatif mengolah ikan sehingga menjadi santri yang cerdas, sehat dan kuat.

Tak hanya itu saja, ia pun menyampaikan visi misi pemerintah untuk menjadikan laut sebagai masa depan bangsa dengan cara mencintai, menjaga dan merawat laut agar keberlanjutan ikan tidak habis karena pengambilan yang salah. Selain acara makan ikan, para santri juga diberi pembekalan wirausaha dari Gibran Rakabuming Raka.

Kegiatan makan ikan santri terbanyak tersebut dicatat dalam Rekor MURI Nomor 8720, dengan Rekoris Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan Kumparan, yang dilaksanakan Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo, 2 November 2018.

Kepala Ponpes Nurul Jadid Paiton KH. Abdul Hamid Wahid mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kecerdasan dan kualitas SDM. Gemar makan ikan menurutnya, akan membantu mencerdaskan otak. Sebab, ikan kaya akan omega dan protein.

Sementara Senior Manajer MURI Sri Widayati mengatakan, aksi makan ikan oleh santri ini jadi rekor baru di Indonesia dan dunia. Sebab, jumlah peserta ini lebih banyak dibanding yang diadakan di Jombang.

Selain dihadiri Mentri Susi, putra sulung Presiden RI Joko Widodo yaitu Gibran Rakabuming datang. Dia naik ke panggung dan sontak mendapat sambutan meriah dari santri di sana. Teriakan dan tepuk tangan terdengar dari para santri. Di akhir acara, Gibran Rakabuming berbagi ilmu dan motivasi untuk menjadi wirausahawan dari nol.    (Yanis)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta