Hari Perkebunaan ke-61, Masyarakat Diharapkan Kenali Potensi Perkebunan Indonesia



Bandung, Beritainspiratif.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia menggelar festival Hari Perkebunan ke-61 Tahun di Halaman Gedung Sate Kota Bandung.

Acara puncak digelar pada Senin (10/12/2018). Acara tersebut digelar sebagai upaya publikasi agar masyarakat mengetahui berbagai hasil perkebunan dan pertanian di Indonesia .

Dua hari sebelumnya, digelar acara pameran hasil perkebunan seluruh Indonesia, pantaun di lokasi selain pameran hasil perkebunan dari sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat ada pula pameran hasil perkebunan dari sejumlah provinsi di Indonesia seperti Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Lampung, Provinsi Jawa Timur dan lainya.

Berbagai komoditas dan olahannya dipamerkan pada kegiatan tersebut seperti kopi, kakao, pala, teh, kelapa sawit dan lainnya.

Menurut keterangan Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Iwa Karniwa, dalam pidatonya, mengatakan bahwa melalui kegiatan tersebut diharapkan industri perkebunan di Indonesia bisa semakin jaya.

"Pada acara ini kita juga meluncurkan bantuan 2 juta benih kopi kepada 12 kabupaten/kota dan launching varietas tembakau unggul lokal Jabar, ini sebuah kehormatan bagi pemerintah Provinsi Jawa Barat yang ditunjuk sebagai tuan rumah perayaan Hari Perkebunan ke-61," ungkapnya.

Selain itu, kata Iwa, salah satu potensi perkebunan di Indonesia yang semakin menunjukan kemajuan adalah komoditas kopi, menurutnya, untuk lebih optimal maka perlu terus dikembangkan pengolahannya.

"Terkait produksi kopi, saat ini Vietnam berada di posisi kedua di dunia, dengan memproduksi 1,5 juta ton atau sekitar 16 persen dari produksi kopi dunia. Sedangkan Indonesia saat ini berada di peringkat 4 produsen kopi dengan jumlah produksi sebesar 600 ribu ton atau sekitar 6,6 persen dari produksi kopi di dunia. Ini adalah potensi yang harus terus menerus dikembangkan," jelasnya.

Soal varietas tembakau unggulan lokal Jawa Barat, Iwa turut mengapresiasi, menurutnya hal tersebut membuktikan bahwa unit pengembangan dan penelitian industri perkebunan berhasil, karena menurut Kementerian Perindustrian RI industri tembakau merupakan salah satu sektor strategis domestik yang memiliki daya saing tinggi dan terus memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional.

"Terimakasih kepada Kementerian Pertanian RI yang telah memberikan kepercayaan pada kami untuk bisa menyelenggarakan rangkaian kegiatan Hari Perkebunan ke-61, semoga apa yang kita kerjakan hari ini menjadi amal kebaikan dan tujuan kita untuk menjadi perkebunan Indonesia berjaya kembali bisa terwujud," pungkasnya.

(Tito)

Berita Terkait