Hari Perhubungan Nasional, Dishub Bandung Sediakan Bis Ramah Disabilitas

Bandung,Beritainspiratif.com -Dalam rangka hari ulang tahun Perhubungan Nasional dan Hari Jadi ke-209 Kota Bandung, Dinas Perhubungan (Dishub) memberlakukan tarif angkutan umum Trans Metro Bandung (TMB) sebesar Rp209. Tarif tersebut berlaku pada 17-25 September 2019 ini.

Tarif Rp209 ini berlaku untuk semua rute Trans Metro Bandung dan pengguna uang elektronik.

Kepala Dinas Perhubungan (DISHUB) Kota Bandung E M Ricky Gustiadi mengatakan, selain louncing tarif Rp209 rupiah. Kita juga menyediakan Bis ramah disabilitas.

“Untuk saat ini kita baru ada dua unit kedepanya akan ditambah sesuai kemampuan APBD, sebab semuanya ada lima koridor setiap koridor minimal ada dua dua totalnya perlu 10 Bis,” ucap Ricky di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Selasa (17/9/2019).

Lebih lanjut Ricky mengatakan, sebagai sarana pendukung perlu memperhatikan kualitas halte juga, dan kedepan kita akan membuat konsultan perencanaan.

“Kita akan mendesain halte seluruh kota bandung, yang pertama ada tipe halte head deck seperti TMB, nanti ada yang low deck untuk angkot dan untuk kaum disabilitas,” jelasnya.

Menurutnya, di sektor halte low deck terdapat tipe dimensi, dimensi kecil sedang besar, begitu juga dengan head deck dimana ketinggianya 1meter sama dengan selter head deck.

“itu ada tipe kecil sedang dan besar di sesuaikan dengan persil tanah yang ada di trotoar mau pun di persil orang, kalau lahanya kecil ya tipe kecil kalau yang sedang ya tipe sedang kalau lahanya besar pakai tipe yang besar,”katanya.

Selain itu, tipe halte seluruh kota bandung akan diperbaiki dan disempurnakan sesuai kebutuhan masyarakat. (Mugni)

Bagikan: