Hari Peduli Sampah, Karyawan Bandung Zoo Bersihkan Cikapayang untuk Jernihkan Citarum




Bandung, Beritainspiratif.com - Sekitar 30 karyawan Bandung Zoo, Senin (4/3/2019) melakukan kerja bakti membersihkan sungai Cikapayang yang berada di dalam area Bandung Zoo.

Sejak pagi para karyawan dari berbagai bidang, nyemplung ke sungai sepanjang 800m tersebut.

"Kami memilih membersihkan sungai karena berkaitan dengan program pemerintah prov. Jabar, yang tengah gencar membersihkan Citarum" ujar Panji Ahmad Fauzan, kurator Bandung Zoo.

Menurut Panji, yang menjadi kordinator kerja bakti tersebut, program ini menjadi menarik karena Bandung Zoo menjadi bagian dari 57 lembaga konservasi di Indonesia yang hari ini serentak melakukan kerja bakti di lokasi masing-masing.

Kerja bakti ini merupakan rangkaian peringatan hari peduli sampah nasional yang di prakarsai kementrian kehutanan dan lingkungan hidup.

"Sebenarnya kami rutin membersihkan sungai Cijapayang, tapi untuk hari ini kami merasa perlu menggali, membersihkan semua sampah plastik dan rumput-rumput yang terbawa arus. Dalam dua minggu terakhir, terjadi hujan besar yang membawa sampah plastik dan lumpur. Itulah yang menjadi target operasi kami hari ini," ujarnya.

Kerja bakti di Bandung Zoo diikuti oleh divisi konservasi, maintenance, bangunan, kebersihan sampai divisi mainan dan rekreasi. Selain sungai cikapayang kerja bakti hari ini juga meluas hingga area parkir gate 3. "Disini kami khusus membersihkan sampah plastik dan merapikan tumpukan daun kering" ucap Panji.

Karyawan sendiri tidak merasa keberatan dengan adanya program seperti ini. "Seharusnya kita melakukan ini setiap seminggu sekali" kata Dede Rohman salah satu petugas di divisi mainan perahu dan sepeda air. Kedepan managemen akan melakukan program kerja bakti seperti ini dari seluruh divisi untuk menuntaskan beberapa hal seperti masalah kebersihan dan merapikan taman - taman di wilayah Bandung Zoo.

(Ida)

Berita Terkait