Hari Kesaktian Pancasila, Gubernur Jabar : NKRI Tidak Boleh Bubar, Jaga dan Tegakkan Pancasila



Bandung, Beritainspiratif.com - Jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengikuti upacara hari Kesaktian Pancasila di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (1/10/2018).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang bertugas sebagai pembina upacara menyampaikan, Hari Kesaktian Pancasila mesti menjadi momen evaluasi persatuan bangsa Indonesia.

"Di hari ini kita harus yakini bahwa, meski beragam secara agama, budaya dan bahasa, kita masih satu pancasila," ungkapnya.

Ridwan Kamil juga mengatakan, jangan sampai bangsa Indonesia terpecah belah karena kepentingan duniawai.

"Allah SWT telah memberi banyak bukti bahwa negara bisa hancur, bisa bubar, kalau kita tidak menjaga persatuan," ungkapnya kepada wartawan selepas upacara.

Kang Emil sapaan Ridwan Kamil mencontohkan sejumlah negara di dunia yang kini mengalami perpecahan.

"Kita tahu Timur Tengah bergejolak, ada dahulu Uni Soviet, sekarang bubar, ada negara Yugoslavia juga bubar, itu menandakan kalau tidak ada komitmen dari masyarakatnya terhadap ideologi bangsa maka sebuah negara bisa bubar," katanya.

Oleh karena itu, lanjut Emil, "Negara Kesatuan Republik Indonesia, sampai kapan pun tidak boleh bubar syaratnya hanya satu, yakni menjaga, menegakan Pancasila sebagai Ideologi bangsa," pungkasnya.    (Yanis)

Berita Terkait