Hari kedua di Palu, Bio Farma Imunisasi Tetanus dan Flu di Lokasi Musibah Sulteng



Palu, Beritainspiratif.com - BUMN Hadir Untuk Negeri, sejak hari Rabu (3/10/2018) kemarin Tim Medis Bio Farma sudah berada di Palu, untuk memberikan bantuan vaksin dan tim medis bagi para korban gempa dan tsunami Palu.

Disril Revolin Putra, Direktur SDM & Umum Bio Farma menyampaikan sejak tadi malam mulai pukul 20.00 sampai pukul 1.00 WITA, pihaknya telah melakukan imunisasi tetanus kepada 350 personil Basarnas di Palu.

"Hari ini bersama Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Palu, kami akan melakukan Imunisasi Tetanus, imunisasi Flu kepada para relawan dan masyarakat sekitar," tutur Disril.

Selain itu, untuk korban yang luka Bio Farma beri bantuan serum anti tetanus, pelaksanaannya bekerjasama dengan rumah sakit dan puskesmas yang akan mulai dibuka hari ini sampai sembilan hari ke depan.

Selain dengan Kementerian Kesehatan, dalam pelaksanaannya juga berkoordinasi dengan BUMN di Palu yaitu BNI, serta Basarnas.

"Tim bantuan yang kami kirimkan berupa tenaga kesehatan, dokter, yang terdiri dari tujuh pesonel ke pusat titik gempa dan tsunami yang terjadi pada tanggal 28 September 2018 yang lalu di Kota Palu dan Donggala Sulawesi Tengah," ujarnya.

Dari rilis yang diterima Beritainspiratif.com Kamis, (4/10/2018), tim yang dipimpin oleh Direktur SDM & Umum Bio Farma, Disril Revolin Putra, akan berada dilokasi selama sembilan hari, terhitung mulai 3 sampai 12 Oktober 2018.

Sesampainya di Palu, tim Bio Farma akan bergabung dengan tim dari BUMN lainnya, serta tim dari Kementerian Kesehatan RI. Nantinya dilokasi gempa dan tsunami, Bio Farma akan memberikan bantuan berupa vaksin Td sebanyak 1000 vial, vaksin flu sebanyak 250 vial, anti tetanus serum (ATS 1500 IU) sebanyak 500 ampul dan juga 10 unit tenda pleton berukuran 6x14.

Menurut Disril, bantuan ini dimaksudkan untuk meringankan beban yang dialami oleh masyarakat Palu dan sekitarnya, akibat gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada akhir September 2018 yang lalu, dan juga membantu tim medis yang sudah terlebih dahulu datang di lokasi kejadian.

“Kami turut berbela sungkawa atas kejadian yang sudah menewaskan lebih dari 1000 korban jiwa dan ribuan lainnya luka-luka. Sebagai BUMN yang bergerak dalam bidang kesehatan, kami turut membantu menjaga kesehatan para pengungsi, dengan melakukan pemberian imunisasi untuk tetanus dan difteri (Td), flu, dan pengobatan dengan anti tetanus serum (ATS). Dengan tim sebanyak tujuh personil, Insya Allah kami akan begabung dengan tim BUMN Hadir untuk Negeri, dan tim Kementerian Kesehatan RI”, ujar Disril.

Yanis

Berita Terkait