Hari Jadi ke-74 Provinsi Jawa Barat, DPRD Dorong Pemerataan Pembangunan dan Ekonomi

Bandung,Beritainspiratif.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Jawa Barat, menggelar rapat paripurna, dengan agenda memperingati hari jadi ke 74 provinsi Jawa Barat (Jabar) di gedung DPRD jalan Diponegoro kota Bandung, Senin (19/8/2019).

Rapat paripurna dihadiri Gubernur Jabar Ridwan Kamil, tokoh masyarakat Jawa Barat dan para pejabat dilingkungan pemprov. Jabar.

Ketua DPRD prov. Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengatakan pihaknya bersama Pemprov Jawa Barat, selama ini telah berupaya menjalankan kebijakan pembangunan yang lebih adil.

“Kami (DPRD dan Pemprov) berupaya melakukan pembangunan, dengan mempertimbangkan keberagaman potensi daerah yang ada di Jawa Barat,” kata Ineu.

Sebagai lembaga yang mewakili rakyat kata Ineu, DPRD juga terus mendorong pemprov untuk membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi, tidak hanya di ibukota provinsi tapi juga pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Hal itu telah dilakukan antara lain dengan membangun pelabuhan laut Cirebon dan Patimban, bendungan Jatigede dan pengembangan ekonomi wilayah Jabar selatan.

Selain itu DPRD juga mendorong lahirnya daerah otonomi baru kabupaten Garut selatan, Bogor Barat, Sukabumi Utara, Bogor timur, Karawang Utara dan Indramayu barat.

Ineu melanjutkan dengan diresmikannya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, diharapkan jadi pemicu pengembangan perekonomian kawasan sekitar dan pemeraraan pembangunan di Jabar.

“Kami terus mendorong penyelesaian pembangunan tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu), untuk memudahkan akses ke BIJB Kertajati,” paparnya.

Terkait keberadaan BUMD yang dimiliki Pemprov Jabar, menurut politisi PDIP ini harus memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan pembangunan di Jawa Barat.

“Banyak potensi ekonomi yang belum tergarap secara optimal. Kami harap ekonomi rakyat terus dipacu, agar pembangunan dirasakan secara merata oleh seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya. (Ida)

Bagikan: