Hari Donat Nasional di Negeri ‘Paman Sam’

Bandung, Beritainspiratif.com – Cemilan yang satu ini sudah tidak asing bagi masyarakat umum baik dari bentuk maupun rasanya.

Donat..ya, penganan berbentuk bulat dengan lubang ditengahnya ini termasuk dalam rumpun roti-rotian karena menggunakan ragi untuk mengembangkan adonannya.

Tapi tahukah anda cemilan yang disukai tua maupun muda ini memiliki sejarah yang cukup unik.

Donat sangat lekat dengan kebudayaan Amerika seperti halnya hamburger. Di Amerika Utara sampai tercipta stereotip polisi patroli sebagai pemakan donat.

Gerai donat sering buka sepanjang malam dan polisi sering mengunjungi gerai donat yang menyediakan donat dan kopi gratis. Homer Simpson dan Kepala Polisi Clancy Wiggum dalam film kartun The Simpsons adalah penggemar berat makan donat.

Asal usul donat sering menjadi sumber perdebatan. Salah satu teori mengatakan donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda yang juga mempopulerkan hidangan penutup lain, seperti: kue kering, pai krim (cream pie) dan pai buah (cobbler).

Cerita lain mengatakan donat berbentuk cincin diciptakan kapten kapal asal Denmark bernama Hanson Gregory. Sang kapten sering harus menyetir kapal dengan kedua belah tangan karena kapal sering dilanda badai.

Kue gorengan yang dimakan ketika sedang menyetir ditusukkan ke roda kemudi kapal, sehingga kue menjadi bolong. Kebetulan bagian tengah kue juga sering belum matang, sehingga donat sengaja dibuat berlubang di tengah agar permukaan donat yang terkena minyak bertambah dan donat cepat matang.

Kepopuleran donat menginspirasi sejumlah gerai donat dan toko roti untuk membuat variasi bentuk donat agar lebih menarik, mulai dari donat berbentuk kuku beruang, persegi panjang yang disebut _long john_, gelang yang merupakan untaian beberapa bulatan kecil _(pon dering, merek dagang Mister Donut)_, hingga donat berbentuk seperti tali yang berpilin _(crullers)_.

Donat berukuran sekali suap dinamakan _Munchkin_ di Dunkin’ Donuts atau sebagai Timbit di restoran Tim Hortons Kanada.

Fakta lain tentang donat adalah adanya
Hari Donat Nasional _(National Doughnut Day atau National Donut Day)_ merupakan perayaan di Amerika Serikat yang dilangsungkan pada hari Jumat pertama setiap tahun, yang merupakan kelanjutan dari kegiatan Donat yang dilakukan oleh Tentara Penyelamat di Chicago pada tahun 1938 untuk menghargai anggota mereka yang memberikan donat kepada para tentara selama Perang Dunia I.
Pada hari tersebut, sebagian besar toko penjual donat di Amerika memberikan donat secara gratis.

(Kaka/Wikipedia)

Bagikan: