Hari Air Sedunia : Nature For Water Tantangan Air Abad 21

Bandung, Beritainsinspiratif.com –
Nature Of Water adalah tema untuk memperingati Hari Air sedunia yang diperingati setiap tanggal 22 Maret, kamis hari ini.

Melalui tema yang diusung tahun ini, kita diajak untuk merenung dan bereksplorasi tentang bagaimana kita menggunakan alam agar dapat mengatasi tantangan keberadaan air di abad 21 ini.

Air merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup yang tidak bisa dilepaskan. Tapi karena air pula bisa jadi sumber bencana bila keberadaan air tidak bisa dikelola dan dimanfaatkan dengan baik.

Dikelolanya air dengan baik dan pemanfaatan yang baik pula merupakan salah satu cara bersyukur manusia telah diberi anugerah kehidupan oleh Alloh SWT.

Tema yang diangkat dalam peringatan Hari Air Sedunia setiap tahun nya berbeda-beda. Misalkan tahun lalu, yang menjadi tema peringatan Hari Air Sedunia adalah “Manfaatkan Kembali Air Limbah dan Selamatkan Bumi dari Krisis Air Bersih”.

Mengingat betapa lingkungan alam sekitar kita sudah mulai rusak, perubahan iklim yang semakin ekstrim, di sisi lain terjadi banjir di beberapa belahan dunia, sementara yang  lainnya kekeringan.

Limbah pabrik yang mengakibatkan terjadinya polusi air, dan permasalahan dengan sampah yang kerap  terjadi di sumber air.

Dengan tema Nature Of Water ini, kita pun ditantang untuk melakukan lebih banyak lagi ‘infrastruktur hijau’ yang artinya kita perlu mengembangkan dan mempertahankan lahan-lahan hijau, dan sebisa mungkin menyelaraskannya dengan ‘infrastruktur abu-abu’ yang tak lain adalah bangunan-bangunan atau properti.

Menanam hutan-hutan baru dan memulihkan lahan basah untuk menyeimbangkan siklus air.

Mungkin kita bisa memulainya dari diri kita sendiri dengan melakukan hal-hal sederhana, misalnya menggunakan air secukupnya saat menggosok gigi dengan tidak membiarkan air keran menyala, mengurangi intensitas mandi atau berendam di bathtub, mengurangi intensitas mencuci kendaraan, dan yang paling penting adalah: jangan membuang sampah sembarangan.

Hari Air Sedunia (Inggris: World Day for Water) adalah perayaan yang ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

Hari Air Sedunia yang diperingati setiap tanggal 22 Maret ini, dideklarasikan pada Sidang Umum PBB ke-47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil.

(Kaka)

Bagikan: