Harganas 2019, Pemkot Bandung Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis Hingga Bazar



Bandung,Beritainspiratif.com - Pemkot Bandung bakal menggelar sejumlah pelayanan publik pada perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Kota Bandung di Grand Pasundan, 17 September mendatang.

Mulai dari pemeriksaan gratis, pelayanan adminatrasi kependudukan, hingga bazar UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera).

“Kali ini DPPKB (Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) akan memberikan pelayanan-pelayanan kepada masyarakat. Ini bekerja sama dengan organisasi perangkat daerah lainnya,” ujar Kepala DPPKB Kota Bandung, Andri Darusman di Balai Kota, Jalan Wastukencana,Jumat (6/9/2019).

Beberapa OPD yang nantinya akan berkolaborasi pada acara tersebut antara lain Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB), Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM), Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), dan Palang Merah Indonesia (PMI).

“Dengan Dinas Kesehatan kita bekerja sama dalam pemeriksaan kesehatan secara gratis. Pelayanan kependudukan bekerja sama dengan Disdukcapil,” papar Andri.

Lanjut Andri, dalam acara tersebut, akan ada gelar dagang dari UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) dari masing-masing kecamatan di Bandung.

“Total ada 30 stand nantinya,” kata Andri.

Untuk mengapresiasi partisipasi masyarakat, pada acara tersebut juga akan ada pemberian penghargaan. Di antaranya untuk Pos KB, penyuluh KB, tenaga pengerak kelurahan terbaik, KB lestari, kelompok bina keluarga balita, remaja dan lansia, duta orang tua hebat, duta remaja, duta mahasiswa.

Andri menyebutkan, acara tersebut melibatkan 1.000 orang yang terdiri dari camat, lurah, kader, penyuluh, pos KB, SKPD, dan unsur Masyarakat Kota Bandung.

“Harapan kami, tentunya menjadikan acara ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat dan dapat berjalan baik,” kata Andri.

Sebagai informasi tambahan, Hari Keluaga Nasional tingkat nasional sudah dilaksanakan di Kota Banjarmasin, sementara tingkat Provinsi Jawa Barat diselenggarakan di Kabupaten Sukabumi pada 28-29 Agustus 2019 silam.

Pada peringatan di tingkat Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung mendapatkan penghargaan juara 1 Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan dan juara 2 Duta Generasi Berencana.

(Mugni)

Berita Terkait