Harga Gula Putih Naik, Disdagin Kota Bandung Akan Berkoordinasi Dengan Aprindo



Bandung, Beritainspiratif.com - Saat ini Kota Bandung mengalami kelangkaan gula putih. pasalnya, stok gula putih di toko modern di Kota Bandung mengalami kelangkaan. Akibatnya, terjadi pembelian berlebihan oleh masyarakat yang digunakan untuk stok pribadi.

Dampak langkanya keberadaan gula putih di beberapa pasar trandisional mengalami kenaikan harga.

"Dibeberapa pasar modern stok terbatas, namun masih seperti di Jogya, disana untuk harga eceran tertinggi, acuan masih diharga Rp 12.500. Sementara dipasar tradisional ada yang sudah mencapai Rp 15.000 per-kilo. Kelangkaan juga terjadi karena akan menjelang lebaran dan Puasa,"
ucap Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Elly Wasliah di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana Kamis (05/03/2020).

Elly mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 7 Tahun 2020, dijelaskan harga normal sesuai dengan acuan harga ever yaitu Rp 12.000 perkilogram dan itu sudah menjadi ketetapan pusat.

Namun, untuk mengantisipasi itu, kata Elly pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan sudah membuka kran impor gula putih dari negara India sebanyak 438 ribu ton, dan sampai ke Indonesia di bulan Maret 2020.

"Impor itu untuk seluruh Indonesia, untuk Kota Bandung 30 persen dari total itu,"katanya.

Menurutnya, kebutuhan gula di Kota Bandung cukup banyak yakni membutuhkan sekitar 7200 ton perbulan, dia mengklaim jumpah impor itu dirasakan cukup hingga menjelang bulan ramadan dan idul fitri mendatang.

"Saat ini kita berkoordinasi dengan Aprindo meminta untuk membatasi penjualan, jika terjadi pembelian berlebihan oleh masyarakat,"ucap Elly.

Adapun distributor gula putih ke Kota Bandung melalui lima distributor di antaranya PT Utami Makmur menggelontorkan harga Rp.675 ribu perbal stoknya sebanyak 10 ton. Sementara di PT Suka Maju stoknya sebanyak 15 ton. Terlebihnya di tiga distributor itu mengalami kekosongan.

"Meski begitu menjelang puasa dan lebaran kita pastikam stok aman. Kebutuhan akan gula putih di Kota Bandung yang lumayan tinggi juga karena salah satunya Kota Bandung menjadi pusat kuliner untuk kue pada saat lebaran nanti. Ditambah sekarang pun para produsen kue sudah mulai membutuhkan stok gula putih untuk persiapan lebaran nanti Insya Allah semuanya masih bisa kita kendalikan,"ucapnya.

(Mugni)

Berita Terkait