Hanura Gabung Dengan PDI-P, 7 Fraksi Resmi Terbentuk

Cirebon,Beritainspiratif.com – Anggota DPRD Kabupaten Cirebon menggelar rapat paripurna perdana dengan agenda pembentukan fraksi-fraksi, dan dari hasil sidang sendiri ditetapkan anggota DPRD Kabupaten Cirebon yang berasal dari partai Hanura, Yogi Setiawan masuk kedalam fraksi PDI-P.

Fraksi PDI-P sendiri akan dipimpin oleh Aan Setiawan, sedangkan fraksi PKB dipimpin Darusah, Partai Demokrat dipimpin Muchlisin, PKS dipimpin Ahmad Fawaz, Gerindra dipimpin Nana Kencanawati, Nasdem dipimpin Asep Budiman Zaenudin dan Golkar dipimpin Teguh Rusiana.

“Tujuh fraksi telah ditetapkan bagi DPRD Kabupaten Cirebon sebagai hasil dari proses penetapan dan kesepakatan secara bersama. Dari masing-masing partai membentuk fraksi secara mandiri, hanya saja berbeda dengan partai Hanura yang bergabung ke dalam fraksi PDIP yang dikarenakan perolehan kursi DPRD hanya mendapatkan satu kursi,” ujar ketua sementara DPRD Kabupaten Cirebon, Mohamad Lutfi, usai melaksanakan Sidang, Kamis (19/9/2019).

Dikatakan Lutfi, tahapan selanjutnya tim rumus bekerja selama 10 hari dan kedepan sambil menunggu penetapan pimpinan definitif bila sudah mendapatkan SK Gubernur maka akan membentuk AKD setelah AKD terbentuk dan bamus yang kemudian akan mentransisikan tim rumus menjadi pansus tata tertib dan setelah tata tertib setelah diketok maka sudah bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Ketua sementara memiliki kewenangan yang terbatas, ketua sementara hanya memfasilitasi pembentukan tim pemimpin pimpinan definitif yang kemudian memfasilitasi penyusunan tata tertib, setelah adanya ketua definitif maka secara regulasi baru dapat membentuk pansus dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), maka pada prinsipnya pansus hanya dapat melakukan penetapan dari hasil-hasil kerja perumus,” katanya.

Dikatakan Lutfi, yang paling banyak memakan waktu itu menunggu SK Gubernur, bila sudah ada pimpinan definitif maka semua bisa diproses dan waktu tiga hari dan bisa fungsi Dewan bisa berjalan sebagaimana mestinya. (Dekur)

Bagikan: