Hadiri Deklarasi BABS, Wabup Kuningan Apresiasi Warga dan Perangkat Desa Bojong



Kuningan, Beritainspiratif.com - Wakil Bupati Kuningan menghadiri Deklarasi Stop Buang Air Besar (BABS) Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STMB) atau Open Defecation Free (ODF),  di Gedung Serbaguna Desa Bojong, Kecamatan Cilimus, Selasa (19/2/2019).

Hal itu dilakukan untuk mengapresiasi  seluruh pihak yang berperan  besar dalam menyukseskan program BABS, sekaligus mendorong daerah lainnya agar tidak lagi buang air besar sembarangan serta lebih meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan masyarakat.

“Saya  menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada kepala desa, aparat desa, dan masyarakat yang telah berhasil melaksanakan upaya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dan sebagai desa yang sadar jamban sehingga terbebas dari buang air besar sembarangan,” kata M. Ridho Suganda dikutip dari laman Humas Kuningankab.go.id.

Menurutnya, Open Defecation Free (ODF) baru mencapai 85 desa dari 376 desa/kelurahan, sedangkan target tahun 2019 diharapkan Kabupaten Kuningan menjadi Kabupaten ODF yaitu semua desa harus sudah stop buang air besar sembarangan (STOP BABS).

Di Kecamatan Cilimus yang sudah ODF yaitu 12 desa dari 13 desa, termasuk desa Bojong yang dideklarasikan pada hari ini.

Melalui kegiatan tersebut, M. Ridho berharap  bisa memberi semangat kepada semua pihak khususnya di Kabupaten Kuningan, sehingga desa-desa lain dapat menyelenggarakan kebutuhan sanitasinya secara mandiri dan berprilaku stop buang air besar sembarangan.

(Yones)

Berita Terkait