Hadapi Revolusi Industri 4.0, Jabar Gelar Lomba Karya Inovatif TI Bagi Pelajar



Bandung Barat, Beritainspiratif.com - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menutup Anugerah Atikan Pendidikan Jabar 2018 yang telah dilaksanakan selama 2 hari, di Lembang Kabupaten Bandung Barat, Rabu (12/12/18).

Event yang memperlombakan karya inovasi teknologi informasi ini, diikuti 803 pelajar SMU, SMK dan SLB se-Jabar.

Ada 10 kategori yang dilombakan yaitu, white board animation, sekolah berbasis IT, media interaktif, film pendek dokumenter, edu game, iklan layanan masyarakat, website sekolah, jingle, karya inovasi dan foto pendidikan.

Wagub Uu mengapreasiasi kegiatan yang baru pertama kalinya digelar ini. Menurutnya, hal itu akan mengasah dan melahirkan SDM potensial yang siap bersaing di era revolusi industri 4.0.

"Saya harap kegiatan ini melahirkan SDM yang profesional dan mampu bersaing di era industri 4.0, karena hanya mereka yang mampu menghadapinya yang akan jadi juara," katanya.

Uu menilai, Jabar memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan, karena berpenduduk hampir 50 juta jiwa dan pusatnya pendidikan. Untuk itu, Pemprov Jabar terus memacu agar SDM dan ekonomi tidak tertinggal dengan daerah lain, melalui event Anugerah Atikan Pendidikan ini.

"Potensi ini yang harus dimanfaatkan dengan menggali potensi dari anak-anak muda kita," ujar Uu.

Ia berharap karya inovasi yang dikembangkan para pelajar ini bermanfaat dan diterapkan di masyarakat.

Saat ini, berdasarkan penilaian dari Kemendikbud, Jabar sudah berhasil menerapkan teknologi informasi komunikasi di tiap sekolah.

"Kita harus menyambut revolusi industri 4.0, dengan menerapkan teknologi IT dalam bidang pendidikan," kata Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Ahmad Hadadi selaku penyelenggara.

Para pemenang lomba mendapatkan piagam dan uang pembinaan Rp 10 Juta.

(Ida)

Berita Terkait