Hadadi : Fokus dan Percaya Diri di UNBK SMK, Tak Ada Soal Bocor



Bandung,  Beritainspiratif. com-Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK di Jabar dipastikan tidak ada kebocoran soal.

Ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Jabar Ahmad Hadadi saat menggelar pemantauan di SMK Negeri 12 jalan Pajajaran Bandung,  Senin (2/4).

"Insha Allah saya jamin tidak ada kebocoran soal,  bahkan pa Giubernur tadi mewanti-wanti,  jika ada oknum PNS yang nakal,  akan dilakukan pemecatan, " ujarnya.

Hadadi juga menghimbau anak didik tidak terpengaruh oleh adanya kunci jawaban,  "pokoknya harus fokus dan percaya diri," timpalnya.

Terkait peningkatan nilai,  Disdik Jabar berupaya agar seluruh SMK di Jabar melebihi nilai standar nasional,  yaitu 5,5, sehingga pihaknya berupaya agar kualitas pendidikan,  pengajaran dan keterampilan terus ditingkatkan.

Hadadi yang didampingi KCD Pendidikan Bandung-Cimahi Husen R.  Hasan, Kabid Pendidikan SMK,  Kepala Sekolah SMK Negeri 12  Bandung RM. Lukman dan rombongan,  langsung melakukan peninjauan kelas tempat siswa yang mengikuti UNBK di kampus tersebut.

Sementara itu sebanyak 314.275 siswa SMK di Jabar mengikuti UNBK. UNBK dibagi menjadi tiga sesi, dengan  mata pelajaan yang diujikan terdiri atas Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan. Pelaksanan UNBK SMK digelar selama empat hari, 2-5 April 2018.

Hal senada dengan Kadis Pendidikan Jabar,  Ketua Pelaksana UNBK Jawa Barat, Yesa Sarwedi mengatakan, Ujian Nasional SMK  100% berbasis komputer,  termasuk SMA dan MA.

“Walaupun sempat ada kabupaten yang madrasahnya masih (ujian) dengan menggunakan kertas. Namun setelah dilakukan pendekatan akhirnya mau menyewa komputer untuk kegiatan ujian tersebut.

Sesuai dengan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0044/P/BS‘NP/XI/2017 Tentang Penyelengganan UN TP. 2017/2018, sekolah yang belum memadai sarana komputemya dapat melaksanakan UNBK dengan menggunnkan fasilitas komputer dari sekolah lain.

Jumlah keselumhan SMA, SMK dan MA yang mengikuti UNBK di Jabar 5330, dengan rincian SMA 1530 sekolah, SMK 2682 sekolah dan MA 1118 sekolah. Untuk SMK sendiri sebanyak 2.414 SMK di Jawa Barat melaksanakn UNBK secara mandiri, sedangkan 268 SMK melaksanakan UNBK di sekolah lain. (Dudy)

Berita Terkait