Guru Besar ITB Prof. Mikrajuddin Abdullah Raih Penghargaan Habibie Award 2018

Bandung, Beritainspiratif.com – Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB, Prof.Dr.Eng. Mikrajuddin Abdullah M.Si menerima penghargaan Habibie Award Tahun 2018 dalam bidang ilmu dasar dari Yayasan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Yayasan SDM Iptek) di Jakarta pada Selasa (13/11/2018).

Prof. Mikrajuddin (Ahli fisika nanomaterial) telah menghasilkan karya-karya besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya riset di bidang nano sintesis, karakterisasi, dan pengembangan teori.

Selain itu, Prof. Mikrajuddin juga telah menghasilkan sejumlah capaian bidang keskolaran, dan menghasilkan lebih dari 300 makalah ilmiah.

Dari jumlah tersebut sekitar 140 merupakan makalah internasional (terindeks di Scopus). Dan dari 140 makalah internasional tersebut, 94 merupakan makalah jurnal ilmiah internasional dan 46 makalah diprosiding internasional (terindeks di Scopus), seperti yang dilansir dari laman resmi ITB.

Prof. Mikrajuddin mengajak kepada para periset di Tanah Air untuk tetap berkarya, tidak mengeluh dengan keterbatasan fasilitas. “Dalam kondisi yang terbatas pun kita masih bisa melakukan riset dan menghasilkan karya yang bermutu,” tuturnya.

Penerima penghargaan lainnya adalah Prof dr Rovina Ruslami SpP, PhD (ilmu kedokteran) dari Universitas Padjajaran, dan Prof dr Edvin Aldrian B. Eng, M.Sc (ilmu rekayasa) dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Ketua Pengurus Yayasan SDM IPTEK, Wardiman Djojonegoro mengatakan Habibie Award diberikan kepada ilmuwan-ilmuwan terpilih. Penghargaan tersebut diberikan kepada para ilmuwan yang telah berinovasi demi peningkatan IPTEK di Indonesia.(Yanis)

Bagikan: