Guru Besar ITB : Masih Kurangnya Pemahaman Masyarakat Terhadap Petir, Inilah Manfaat Petir !



Bandung, Beritainspiratif.com - Petir seringkali dianggap berbahaya dan menakutkan terutama di kala hujan deras terjadi. Suaranya yang menggelegar membuat setiap yang mendengarnya menutup telinga. Bahkan beberapa orang dikabarkan meninggal dunia karena tersambar oleh petir. Di balik itu semua, tahukah kita bahwa petir ternyata memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia di bumi.

Petir terjadi karena adanya lompatan elektron-elektron dari awan bermuatan negatif ke bumi yang bermuatan positif.

Dilansir dari laman resmi ITB, Guru Besar ITB, Prof. Dr. Dipl.Ing.Ir. Reynaldo Zoro menjelaskan, ada tiga syarat yang harus terpenuhi sehingga petir dapat terjadi ;

1.Adanya panas matahari yang menguapkan air,

2.Terdapat partikel mengambang di udara yang biasanya dari garam laut atau polutan industri, dan

3.Kelembaban suatu daerah, karena Indonesia terletak di daerah khatulistiwa, maka termasuk sebagai negara dengan jumlah petir yang banyak.

Dia mengatakan, petir terbentuk dari awan Comonolimbous. Di dalam awan tersebut, elektron bermuatan positif (+) dan negatif (-). Elektron yang positif tersebut berkumpul di atas, dan negatif berkumpul di bawah. Kemudian saling bergesekan, sehingga jika energinya cukup maka akan dilepaskan dalam bentuk petir.

Dijelaskan Prof. Zoro, petir itu paling banyak terjadi di kala musim hujan. Petir ini ada yang berasal dari muatan positif dan dari muatan negatif. Ada dari awan ke tanah, ada dari tanah ke awan. Jika ujung petir cabangnya ke bawah, berarti sumbernya dari awan ke tanah, sementara kalau sebaliknya maka sumber petir dari tanah ke awan. “Yang paling banyak terjadi, dari muatan negatif di awan ke bawah (tanah),” jelasnya.

Petir Sahabat Kita

Guru Besar pada Kelompok Keahlian (KK) Teknik Ketenagalistrikan, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB itu mengatakan bahwa petir sejatinya adalah sahabat bagi kehidupan di bumi. Banyak manfaat dihasilkan ketika terjadi petir. "Sebetulnya petir jangan ditakuti, petir itu menghasilkan nitrat yang dibawa oleh hujan yang bagus buat tumbuhan, petir juga menghasilkan ozon untuk menutupi sinar ultraviolet. Jadi petir itu sebetulnya sahabat kehidupan," ujarnya.

Mengenai kejadian orang tersambar petir, atau rusaknya alat elektronik, hal itu kata Prof. Zoro disebabkan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap petir. Dia menjelaskan, petir seringkali menyambar terhadap struktur bangunan yang lebih tinggi. Untuk itu, jika ada bangunan pencakar langit atau rumah yang lebih tinggi dari rumah lainnya, maka perlu dilindungi oleh penangkal petir.

Jika sedang berada di lapangan terbuka, seperti di sawah atau lapangan sepakbola, maka jika sudah muncul tanda-tanda akan terjadi petir harus segera menghentikan aktivitas dan berlindung atau jika tak sempat, bisa merapatkan kedua kaki dan membungkuk hampir sejajar dengan tanah. Bersandar di pohon pun harus hati-hati karena rambatannya. “Kalau nyender di pohon tinggi harus ada jarak minimun satu meter. Karena bisa loncat ke arah kita,” tambahnya.

“Kalau sedang berada di sawah, dan tengah berlindung di saung-saung, juga harus diperhatikan karena posisi saung adalah struktur bangunan paling tinggi ketika di sawah, untuk itu perlu penangkal petir yang ditancapkan di sisi saung, dengan jarak lebih dari 1 meter dari saung,” jelasnya.

Menurutnya, Jawa Barat memiliki daerah yang banyak petir, yakni di Bogor dan Majalengka. ITB sendiri telah berkontribusi dalam pembuatan penangkal petir di tempat-tempat tersebut seperti di Bandara Kertajati, agar alat air navigation tetap berfungsi untuk lepas-landas pesawat. “ITB juga telah membantu dalam pembangunan penangkal petir, seperti di kilang minyak Pertamina di Cilacap, Bandara Kertajati, Petrokimia Gresik, Lapangan bola juga dipasang penangkal petir oleh kita,” pungkasnya.

[Yanis]

Berita Terkait