Gunung Soputan Meletus, Bandara Sam Ratulangi Tetap Beroperasi Normal



Sulut, Beritainspiratif.com - Gunung Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara meletus pada Rabu (3/10/2018) sekitar pukul 08.47 WITA.

Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya menyebutkan pengamatan Gunung Soputan PVMBG melaporkan tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 4.000 meter di atas puncak kawah atau 5.809 m di atas permukaan laut.

Hujan abu vulkanik diperkirakan jatuh di daerah di barat-barat laut Gunung Soputan, namun tidak mengganggu penerbangan. Sejauh ini Bandara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado yang berada di Tenggara Gunung Soputan, tetap beroperasi normal.

Menurut Sutopo, dilansir dari laman BBC, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut, sudah membagikan masker, namun masyarakat belum perlu mengungsi karena masih aman. Dianjurkan warga tak melakukan aktivitas di radius 4km, dan kebetulan di radius itu tak ada pemukiman.

Betapa pun, masyarakat harus mewaspadai potensi ancaman aliran lahar yang dapat terjadi setelah terjadinya erupsi, ketika material letusan terbawa oleh air, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.

Sejauh ini, Gunung Soputan berada pada Status Level III (Siaga).     (Yones)

Berita Terkait