Program Kerja Pasangan Ridwan Kamil Akan Full di 2019 Lewat APBD Murni



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat bersama DPRD Jabar menyepakati nota kesepakatan bersama terkait Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Perubahan APBD Jabar TA 2018. Nota kesepakatan ditandatangani oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari di Ruang Bamus DPRD Jabar jl. Diponegoro kota Bandung, Senin (17/9/2018).

Menurut Ridwan Kamil, program yang akan dijalankan melalui APBD Perubahan 2018 ini fokus pada program yang sudah dirancang oleh gubernurnya sebelumnya.

“Dari kami minimalis tidak terlalu banyak yang dilakukan karena ini program yang sudah dirancang sebelum saya. Kami menghormati itu, jadi lebih banyak melanjutkan,” ujarnya.

Dikatakan Emil, sisa waktu yang pendek hingga akhir Desember 2018, tidak memungkinkan untuk memulai program baru menggunakan APBD Perubahan 2018. Namun akan ada sedikit pendanaan pada program yang telah ia rancang di bidang pariwisata.

“Untuk penggunaan APBD-P 2018 di program saya tidak terlalu banyak ya paling ada di bidang pariwisata sedikit saja karena kami paham waktunya kan pendek,” tutur Emil.

Seluruh program yang telah dicanangkan pasangan Emil dan Uu Ruzhanul Ulum sepenuhnya akan dilaksanakan pada APBD murni tahun 2019 Januari mendatang.

“Program pasangan kami akan full nanti di tahun 2019 lewat APBD murni. Jadi untuk APBD-P 2018 kami menyerahkan sepenuhnya ke dewan untuk eksekusi tapi kebanyakan memang fokus pada pembelian aset dan pembayaran kewajiban, kalau lelang infrastruktur saya kira sudah dilakukan di APBD murni 2018,” katanya.

Beberapa hal penting yang disampaikan Emil dalam sambutannya yaitu, APBD-P 2018 akan digunakan untuk pemenuhan pendanaan pendidikan menengah universal dan pemberian beasiswa kepada siswa miskin berprestasi.

Selebihnya akan dialokasikan untuk pengadaan lahan rencana pembangunan Bandara Cikembar Sukabumi, pembayaran PBB BIJB Kertajati ke Pemkab Majalengka, pembebasan lahan untuk Universitas Islam Negeri Indramayu, pemenuhan pendanaan untuk balai-balai dan UPTD baru serta penyertaan modal kepada Bank BJB.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari meminta kepada para ketua komisi untuk segera menindak lanjuti hasil penandatanganan KUA-PPAS Perubahan APBD Jabar TA 2018 tersebut.

“Kami mohon kerja keras teman-teman di Komisi karena watunya singkat hanya 3 hari,” ujarnya.

Penyampaian APBD-P 2018 Jabar akan digelar pada rapat paripurna DPRD pekan depan. (Yanis)

Berita Terkait