Gubernur Jabar: Pantai Pangandaran Jika Ditata Dengan Baik, Akan Menyerupai Hawaii



Pangandaran, Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) merayakan pergantian tahun di Pantai Pangandaran.

Bersamaan dengan malam pergantian tahun tersebut, Emil juga melakukan sejumlah kegiatan seperti bertemu dengan mantan menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti dan meresmikan penataan tahap pertama Pantai Pangandaran. Seluruh pengerjaannya dibiayai Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Emil menjelaskan, pihaknya menggelontorkan Rp100 miliar, untuk penataan tersebut yang dimulai pada 2019.

Dengan tuntasnya revitalisasi tahap pertama ini, dia meyakini pertumbuhan wisata di Pangandaran akan meningkat.

"Total dari provinsi Rp100 miliar untuk penataan wisata di sini. Saya yakin ekonomi Pangandaran akan maju," kata Emil usai peresmian, Selasa (31/12/2019).

Emil pun meminta pengelola dan masyarakat menjaga kebersihan Pantai Pangandaran, agar keindahannya bisa tetap dinikmati. Menurutnya hal ini sangat penting, agar tingkat kunjungan wisatawan terus meningkat.

"Standard kebutuhan wisatawan nomor satunya bersih. Jangan buang sampah sembarangan, kita susah menikmati alam kalau yang ada plastik, sampah," katanya.

Oleh karena itu Emil meminta pengelola agar memperbanyak tempat sampah untuk memudahkan warga membuang sisa-sisanya. Selain itu, tempat sampah bisa juga disediakan oleh setiap toko-toko dan hotel yang ada di sepanjang pantai.

"Bisa juga toko-toko menyumbang tempat sampah. Minta dijaga kebersihannya," kata Emil.

Lebih lanjut Emil berjanji akan terus merevitalisasi Pantai Pangandaran, yang merupakan tempat wisata unggulan Jawa Barat. Berbagai program dan anggaran pun akan disiapkan pada tahun anggaran 2020.

Menurut dia, pada tahun baru ini pihaknya akan memberi bantuan keuangan hampir Rp600 miliar untuk Kabupaten Pangandaran. "Naik dua kali lipat dari tahun ini," kata dia.

Dia meyakini jika ditata dengan baik, Pangandaran akan menyerupai Pantai Hawai di Amerika Serikat. Selain kaya akan pemandangan alam, menurutnya bukan tidak mungkin jika kunjungan turis asing akan meningkat.

Terlebih jika nanti akses menuju Pangandaran semakin dibuka dengan hadirnya Bandara Nusawiru dan Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas), yang dilanjutkan hingga Cilacap, Jawa Tengah.

"Kalau berhasil, tempat ini akan semakin baik," katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Pangandaran Jeje Wiriadinata merasa bersyukur dengan ditatanya pantai tersebut oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Peningkatan wisatawan langsung terasa, meski penataan masih di tahap awal," ujarnya.

Penataan tahap pertama ini dilakukan di sepanjang bibir Pantai Pangandaran. Jika sebelumnya hanya terdapat trotoar biasa, kini dilengkapi dengan lintasan lari santai (jogging track), lampu penerang, kursi, hingga taman air mancur.

Selain itu, keberadaan kapal nelayan yang semula memadati pantai barat yang menjadi tempat berenang favorit wisatawan, kini dialihkan ke pantai timur sehingga berdekatan dengan tempat pelelangan ikan.

(Ida)

Berita Terkait