Gubernur Jabar dan 15 Kepala Daerah Lainnya Raih Anugerah Kihajar



Jakarta, Beritainspiratif.com – Sebanyak enam belas kepala daerah diberikan penghargaan Anugerah Kita Harus Belajar (Kihajar) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) karena dinilai peduli dengan dunia pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

"Anugerah diberikan setiap tahun untuk kepala daerah yang telah berkontribusi terhadap TIK di dunia pendidikan. Penghargaan diberikan untuk gubernur, walikota, dan bupati, sebagai penghargaan kepada pemerintah daerah yang berprestasi dalam pendayagunaan TIK untuk pendidikan, baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan administrasi di sekolah dan lembaga pemerintah yang terkait pendidikan," ujar Kapustekkom Kemendikbud, Gogot Suharwoto di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jumat (12/10/2018) dari laman Kemendikbud.

16 kepala daerah tersebut terdiri dari 5 gubernur, 7 walikota, dan 4 bupati. Gogot menjelaskan penilaian kepada kepala daerah ini melalui proses penilain juri, yang telah dilakukan sejak bulan Juni hingga Agustus 2018.

Bupati Kabupaten Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu mengatakan saat ini di daerahnya telah menerapkan e-absensi. Dalam aplikasi tersebut para orang tua dapat melihat kehadiran anak-anaknya.

"Memang masih banyak yang kita kejar, tapi menurut saya ini sungguh capaian yang besar, berbagai aplikasi sudah kita terapkan ada e-absensi siswa, karena banyak kejadian orang tua itu kewalahan keberadaan anaknya. Dengan e-absensi ini orang tua tidak perlu khawatir karena bisa melihat kegiatan anaknya," jelas Remigo.

Selain itu, Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan akan membuat program baru mengenai pendidikan karakter dini dan pendidikan antikorupsi dibantu dengan teknologi seperti CCTV.

"Kita sudah menjalankan program pendidikan karakter di sana diajarkan mengenai bagaimana cara anak beradaptasi dengan lingkungan misalnya jika menemukan uang di jalan itu jangan diambil, terus masuk toilet anak tidak perlu bingung harus kaki kanan atau kiri duluan, itu sudah kami terapkan jadi anak-anak pendidikan kelas 1 hingga 2 sekolah dasar tidak hanya diajarkan baca tulis dan hitung," tutur Sutiaji saat pemaparan.

Acara pemberian anugerah sendiri diserahkan oleh Sekjen Kemendikbud, Didik Suhardi kepada 16 kepala daerah yang mendapat penghargaan.

Berikut nama-nama 16 kepala daerah yang mendapat Anugerah Kihajar 2018:

1. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

2. Gubernur Jawa Timur Soekarwo

3. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey

4. Gubernur Bali I Made Mangku Pastika

5. Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor

6. Wali Kota Bandung Oded Muhamad Danial

7. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

8. Wali Kota Balikpapan M. Rizal Effendi

9. Wali Kota Malang Sutiaji

10. Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha

11. Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie

12. Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias

13. Bupati Gunung Kidul Badingah

14. Bupati Sleman Sri Purnomo

15. Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu

16. Bupati Bintan Apri Sujadi.

(Yanis)

Berita Terkait