Gubernur Jabar Berencana Pemprov Punya Bus Anti Korupsi



Bandung, Beritainsliratif.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkeinginan memilki Bus anti korupsi sebagai langkah inovatif edukasi pencegahan tindakan korupsi bagi masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada acara Roadshow KPK Bus Anti Korupsi di Balai Kota Bandung, Selasa (30/10/2018).

"Kalau diizinkan, saya ingin berinovasi kalau ternyata bus (anti korupsi) ini efektif kita bikin saja sendiri, bikin bus anti korupsi Provinsi Jawa Barat, karena mungkin (bus) KPK terbatas (cakupanya)," kata Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Emil menambahkan, kalau bus anti korupsi Provinsi Jawa Barat berhasil dirilis maka bus tersebut akan keliling ke semua kota/kabupaten di Jabar.

"Kita keliling ke - 27 kota/kabupaten, kita keliling ke 600 kecamatan, karena kalau bus KPK kan jadwal (roadshownya) se - Indoneaia, kita copy aja, tinggal di beri judul kerjasama KPK dengan Provinsi Jawa Barat," imbuhnya.

[caption id="attachment_23793" align="aligncenter" width="640"] Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Foto : Tito-BI.Com[/caption]

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, pihaknya mendukung rencana tersebut, karena sejalan dengan upaya pencegahan korupsi, sebagaimana yang di lakukan KPK selama ini.

"Silahkan, kalau nanti mau dicopy (pembuatan busnya), kita siap membantu, ya teknologinya nggak canggih-canggih amat, bahkan bekas bus Jakarta-Bandung yang second juga boleh, softwarenya sama kok, tinggal mungkin air conditionernya yang harus dibuat supaya anak-anak nyaman di dalam, mungkin itu," jelasnya.

Pantauan dilokasi, bus anti korupsi KPK ini, secara ukuran sama dengan bus pada umumnya, hanya tampak luarnya diberi slogan-slogan anti korupsi, dengan warna latar dominan putih, adapun bagian dalamnya terdapat 10 komputer yang berisi materi-materi anti korupsi yang digunakan sebagai media edukasi.     (Tito)

Berita Terkait