Gubernur DKI dan Sejumlah Kepala Daerah Raih Penghargaan Program Kesetaraan Gender



Jakarta, Beritainspiratif.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima penghargaan Parahita Ekapraya dalam kategori utama sebagai salah satu provinsi yang mendukung upaya kesetaraan gender dalam program-programnya. Penghargaan ini diserahkan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Selamat kepada daerah provinsi, bupati, yang mendapat penghargaan atas upayanya untuk memberikan peranan perempuan dan perlindungan anak lebih baik daripada sebelumnya," ujar JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (19/12/2018) yang dilansir dari kantor berita Antara.

Peranan perempuan di dunia saat ini telah berubah karena perkembangan pendidikan dan teknologi. Salah satu indikator yang dapat dilihat adalah jumlah perempuan yang berhasil cumlaude atau lulus perguruan tinggi dengan predikat memuaskan, ungkap Wapres.

"Kalau lihat di universitas, 75 persen yang cumlaude itu perempuan. Itu perubahan drastis pendidikan dan teknologi sehingga peran perempuan menjadi lebih besar," kata JK.

Menurut JK, keterlibatan perempuan semakin bertambah terlihat dari porsi jabatan yang saat ini menduduki posisi menteri. Dari susunan menteri kabinet kerja saat ini ada sekitar delapan posisi menteri yang diduduki perempuan.

"Jadi 25 persen menteri di kabinet sekarang perempuan, mengalahkan DPR yang mengatur porsi bagi perempuan tapi tidak tercapai (30 persen)," ucap JK.

Atas penghargaan itu, Anies pun menyampaikan ucapan terima kasih. Ia mengklaim selama ini DKI memang banyak memiliki program yang mendukung upaya kesetaraan gender di antaranya pemberdayaan perempuan hingga perlindungan pada kaum perempuan.

"Banyak sebetulnya program kesejahteraan, mulai pemberdayaan perempuan di kampung, pelatihan-pelatihan, dan juga perlindungan pada kaum perempuan terutama ketika ada kejadian-kejadian menimpa mereka," ucap Anies.

Selain DKI, provinsi yang menerima penghargaan Parahita Ekapraya kategori utama adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Lampung, Banten, Jawa Barat, dan Sulawesi Utara.

Penghargaan Parahita Ekapraya ini diberikan dalam lima kategori, yakni utama, madya, pratama, kategori khusus, dan kategori mentor.

Untuk kategori khusus dan kategori mentor diberikan JK kepada Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise.

(Yanis)

Berita Terkait