Gubernur dan DPRD Jabar, Sepakati KUA PPAS APBD 2019

Bandung,Beritainspiratif.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan pimpinan DPRD Jawa Barat, menandatangani nota kesepakatan bersama Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2019.

Penandatanganan dilakukan pada rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari di gedung DPRD Jalan Diponegoro 27, Kota Bandung, Jum’at (16/11/2018).

KUA PPAS menjadi acuan dalam pembahasan APBD tahun anggaran 2019.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pada tahun 2019 pembangunan Jawa Barat diprioritaskan pada pelayanan dasar untuk pendidikan, kesehatan dan penguatan – penguatan termasuk janji kampanye.

Penguatan terutama difokuska ke desa – desa karena ketimpangan masih menjadi masalah di Jawa Barat.

“Kita akan fokuskan pada penguatan kemandirian ekonomi. Itu yang jadi tema 2019 : kemandirian,” kata Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Terkait volume APBD 2019, dikatakan Emil angkanya sekitar Rp37 triliun.

“Namun dalam waktu sekian hari, nanti kita lihat volumenya, apakah tetap, dikurangi atau ditambah,” ujarnya.

Ia menambahkan, pemprov Jabar saat ini memasuki model baru pemerintahan, yang disebut Dynamic Governance atau Birokrasi Dinamis.

“Ini artinya dalam mencapai tujuan pembangunan, kita akan banyak berkolaborasi. Kita tidak hanya mengandalkan kekuatan excisting internal birokrasi di pemprov,” ucap Emil. (Ida)

Bagikan: