Groundbreaking Museum dan Galeri Seni, SBY: Ibu Ani Sangat Mencintai Pacitan



Pacitan, Beritainspiratif.com – Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi meletakkan batu pertama pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY*ANI di Pacitan, Sabtu (22/2/2020) siang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon, melalui unggahan di instagramnya @Jansensitindaon yang melaporkan kegiatan SBY hari ini Sabtu, (22/2/2020) di Pacitan.

Dikatakan Jansen melalui instagramnya, bahwa museum ini berada tepat di jalan besar yang menghubungkan kota Pacitan, baik dari Solo atau Yogja maupun Trenggalek. Lokasi ini juga tidak jauh dari pusat kota dan garis pantai yang merupakan destinasi wisata bagi Pacitan, atau jalan lingkar selatan  Ploso, Pacitan, Jawa Timur.

Groundbreaking simbolis pembangunan museum ditandai  dengan mengaduk pasir dengan sekop dilanjutkan dengan penekanan tombol sirene oleh SBY menandai dimulainya pengerjaan museum tersebut.

SBY dalam sambutannya menyampaikan, museum ini kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia utamanya generasi muda dan generasi mendatang. Juga dipersembahkan untuk Almh. Ibu Ani Yudhoyono.

“Inilah tanda cinta saya dan keluarga yang amat dalam pada almarhumah istri tercinta”, ujar SBY.

Lebih lanjut disampaikan SBY, bahwa Ibu Ani sangat mencintai Pacitan.

“Almarhumah Ibu Ani sangat mencintai Pacitan, sehingga sangat bersemangat dengan ide pembangunan museum disini. Ibu Ani lah yang sangat mendorong untuk segera dilaksanakan pembangunan museum dan galeri seni ini,” ungkap SBY.

Ditambahkan SBY, bahwa saya masih ingat betul kata-kata Ibu Ani dan keinginannya kalau sudah sembuh.

“Pepo kalau nanti saya sudah sembuh, kita atur nanti pembangunan museum dan galeri itu,” itu kata-kata almarhumah yang saya ingat sampai kapanpun, Ujar SBY.

SBY juga menjelaskan museum mantan Presiden Amerika, juga dibangun ditanah kelahirannya.

“Museum Presiden Amerika seperti Truman, Eisenhower, Clinton dan Bush yang pernah dikunjungi  bersama Ibu Ani, juga dibangun di tanah kelahiran mereka. Dari situ jugalah saya mendapat inspirasi mebangun museum ini di Pacitan,” tegas SBY.

Sementara itu, Direktur Museum Ossy Dermawan menjelaskan, bahwa museum ini akan dibagi berbagai tema.

“Museum ini akan menampilkan sejarah hidup SBY yang dibagi menjadi berbagai tema. Dimulai dari masa kecil dan remaja di Pacitan hingga terpilih menjadi Presiden Pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat,” terang Ossy.

Bupati Pacitan Indartato mengucapkan terima kasih kepada SBY, atas pembangunan museum ini di Pacitan.

“Saya mengucapkan  terima kasih kepada pak SBY dan keluarga telah membangun museum ini di bumi Pacitan. Pada Tahun 2019, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pacitan 2,3 juta orang. Mudah-mudahan ketika museum ini sudah jadi bisa 5 juta wisatawan,” harapnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa museum ini merupakan hadiah special di hari jadi Pacitan yang ke-275.

“Mudah-mudahan pembangunan museum ini menjadi resonansi dan gravitasi yang luar biasa untuk Pacitan, Jawa Timur dan Indonesia. Dan juga hadiah special karena berbarengan dengan hari jadi Pacitan yang ke-275,” ungkap Gubernur.

https://www.instagram.com/p/B83QdbTH4v7/?igshid=l4hn97j3jmci

Tampak Hadir Wapres Ke-11 RI Boediono dan mantan Menko Perekonomian Chairul Tanjung. Tampak pula Pramono Edhie Wibowo mewakili keluarga almarhumah Ny Ani. Dua putra SBY Edhie Bhaskoro Yudhoyono (Ibas) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga hadir.

Turut juga hadir Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Ny Ratna Joko Suyanto istri mantan Menkopolhukam periode 2009-2014 serta Bupati Pacitan Indartato.

Yanis

Berita Terkait