Gerhana: Selain Shalat Kusuf, Dianjurkan Juga Perbanyak Doa, Dzikir, Takbir dan Sedekah

Beritainspiratif.com – Berdasarkan data astronomi, Kamis (26/12/2019) bertepatan 29 Rabiul Akhir 1441H, akan terjadi gerhana matahari cincin.

Diperkirakan, awal gerhana pada pukul 10.34 WIB puncak gerhana akan terjadi pada pukul 12:17 WIB dan akhir gerhana pada pukul 14.00 WIB.

Terkait fenomena alam itu, Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Bimas Islam mengimbau umat Islam agar melakukan shalat sunnah gerhana matahari secara berjamaah.

Sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, umat Islam sangat dianjurkan (sunah muakkadah) untuk melakukan salat gerhana.

Selain melaksanakan shalat Kusuf, kaum Muslimin juga disunnahkan apabila datang gerhana untuk memperbanyak amalan ibadah di antaranya berdoa, zikir, takbir dan sedekah.

Apabila kamu menyaksikannya maka berdoalah kepada Allah, bertakbir, shalat dan bersedekah. (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.” (HR. Bukhari no. 1044).

Imam Ibnu Hajar dalam Fathul Bari, menjelaskan bahwa pelaksanaan hadis tersebut adalah sebagaimana hadis. “Berdzikirlah, bertakbirlah, bertasbihlah, dan bertahlillah.”

Berikut bacaan doa dan zikir yang perlu dibaca berulang-ulang sampai habisnya gerhana.

Subhanallah, walhamdulillah, wa laa ilaaha illallaahu Allahu Akbar.

Artinya : “Maha suci Allah. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan, melainkan Allah. Allahlah Yang Maha Besar.”

Bagikan: