Gerak Cepat Damkar Cirebon Berhasil Meminimalisir Kebakaran Kebun Tebu Warga

Cirebon,Beritainsiratif.com – Dengan kesigapan petugas pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon, berhasi menanggulangi kebakaran yang terjadi pada kebun tebu milik warga yang ada di antara perbatasan Desa Jepura Baki, Mertapada dan Lemah Abang, Selasa (11/6/2019).

Informasi yang berhasil dihimpun Beritainspiratif.com, menyebutkan kebakaran lahan yang terjadi di kebun tebu milik warga ini berhasil diminimalisir sehingga tidak meluas, berkat kesigapan petugas pemadam kebakaran.

Adanya informasi dari warga yang diterima di Pos Damkar Lemah Abang sekitar pukul 12.17 WIB, langsung direspon cepat oleh petugas pemadam kebakaran. Dengan menerjunkan 1 unit mobil Damkar, dengan kapasitas 3.500 liter, petugas pemadam berhasil memadamkan api hanya butuh waktu 45 menit.

Kepala Seksi Tanggap Darurat Damkar Kabupaten Cirebon, Eno Sujana, mengatakan, pihaknya bertekat untuk melayani masyarakat dengan maksimal, untuk itu setiap adanya laporan kebaran yang terjadi di wilayah Kabupaten Cirebon, pihaknya akan selalu siap untuk melaksanakan tugas memadamkan api.

“Untuk kebakaran lahan tebu ini, kami mendapat laporan sekitar pukul 12.17 Wib, dan alhamdulilah dengan kesigapan petugas api bisa ditangulangi kurang dari 1 jum atau lebih tepatnya hanya 45 menit,” kata Eno.

Kalau tidak segera di padamkan, lanjut Eno, dihawatirkan kebakaran akan meluas, sehingga akan mengalami kesulitan untuk memadamkannya, terlebih lokasi kebarakan berdekatan dengan jalur tol Palimanan-Kanci (Palikanci) yang sangat menggangu jarak pandang, apalagi kondisi sekarang ini masih banyak kendaraan yang
melintas jalur tol.

“Dugaan sementara kebarakan sendiri akibat bakar sampah oleh oknum warga, sehingga api menjalar ke lahan tebu, karena kondisi cuaca yang terik api cepat sekali menjalar, dan untuk kerugian kami belum bisa memprediksi berapa kerugian petani tebu yang lahannya kebakar ini,” katanya.

Eno menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati apabila sedang membakar sampah, usahakan jangan meninggalkan sampah yang sedang dibakar kalau api tersebut belum padam, dikhawatirkan dengan kondisi cuaca yang terik dan angin yang cukup kencang, api akan menjalar kemana-mana.

“Untuk dilingkungan pemukiman juga harus tetap waspada, perhatikan jaringan listrik jangan sampai ada hal-hal yang tidak kita inginkan,” tambahnya. (Dekur)

Sumber Video : istimewa

Bagikan: