Gempa Bumi 4.5 Magnitudo Guncang Pangandaran dan Sekitarnya



Beritainspiratif.com - Gempa bumi tektonik kembali mengguncang wilayah Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya pada Sabtu, 11 Januari 2020 pukul 05.06.29 WIB.

Dari laman resmi BMKG  gempa bumi ini memiliki kekuatan magnitude sebesar 4.5 dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8.17 LS – 107.91 BT.

Lokasi tersebut tepatnya berada di laut pada jarak 83 km dari Barat Daya Kabupaten Pangandaran dengan kedalaman 11 Kilometer.

Dilihat dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi  ini merupakan gempa bumi dangkal, yang terjadi akibat aktivitas penyesaran di dasar laut pada bagian dalam dari lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (ShakemapBMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya, dan Garut.

Dampak gempa juga dirasakan oleh warga Pangalengan dan Cilacap dengan skala intensitas I-II MMI.

Belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak terjadinya gempa bumi tersebut.

Gempa bumi ini merupakan yang ketiga dalam sepekan terakhir setelah sebelumnya juga terjadi di titik yang berdekatan pada Senin, 6 Januari 2020 dan Kamis, 9 Januari 2020 lalu masing-masing berkekuatan M5,1 dan M4,8. ***

Berita Terkait