Gelar Silatnas, PW Salimah Jabar Konsisten Lakukan Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Perempuan



Bandung, Beritainspiratif.com - Ribuan anggota organisasi perempuan Persaudaraan Muslimah (Salimah) mengikuti silaturahmi nasional (Silatnas) yang dilaksanakan oleh Pengurus Wilayah (PW) Salimah Jawa Barat di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana Minggu (25/11/2018).

Salimah adalah organisasi perempuan tingkat nasional dengan sebaran pengurus wilayah di seluruh provinsi di Indonesia yang bergerak di bidang pemberdayaan, perlindungan ibu dan anak.

Adapun di Jawa Barat, ada 27 pengurus daerah (PD) kabupaten/kota. Pada Silatnas kali ini acara digelar dalam dua hari yakni pada Sabtu (24/11) dan Minggu (25/11). Acara yang bertema "Memperkokoh Solidaritas Memperluas Karya" tersebut juga diisi dengan penandatangan pakta integritas menolak LGBT yang ditandatangani seluruh peserta.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Pengurus Wilayah Salimah Jawa Barat, Ani Rukmini yang dalam pidatonya menyampaikan bahwa melalui Silatnas ini para anggota Salimah diharapkan bisa terus berjuang dalam memberdayakan perempuan dan anak serta tetap mampu bersinergi.

"Prinsip sinergi itu ada lima prinsipnya yakni 1. Berbagi, maksudnya adalah bertukar pengetahuan dan pengalaman. 2, Tidak merasa paling berjasa, artinya semua pihak yang terlibat punya peran yang sama penting. 3, Jangan saling menyalahkan. 4, Transparansi. 5. Ikhlas," ungkapnya.

Ani juga mengingatkan, bahwa Salimah adalah organisasi masyarakat yang bernilai dakwah sehingga saat bekerjasama dengan siapapun nilai tersebut tidak boleh dilupakan.

"Bahwa esensi keberadaan Salimah adalah sebagai organisasi kemasyarakatan pengusung dakwah, jadi ini nggak boleh dilepaskan dari esensi dakwah itu sendiri," tuturnya.

Pihaknya berharap para anggota Salimah bisa terus ikhlas mengabdi kepada masyarakat demi berlangsungnya kehidupan yang berkualitas.

"Ini yang harus kita jaga bahwa Salimah adalah organisasi yang menjunjung tinggi dakwah dan lahir dari dakwah," pungkas penyandang gelar Magister Ilmu Komunikasi tersebut.

Pantauan di lokasi, dihari pertama Silatnas diikuti oleh pengurus daerah dari 12 kabupaten/kota adapun di hari kedua diikuti sebayak 15 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Sementara itu, berdasarkan keterangan Kepala Departemen Humas Salimah pengurus wilayah Jawa Barat Ucu Sri Rejeki mengatakan Salimah bergerak di berbagai bidang yang fokus pada pemberdayaan perempuan dan anak.

"Kita banyak melakukan pelatihan bagaimana orang tua membimbing anaknya juga,selain itu para anggota kita latih untuk bisa memberdayakan potensi ekonomi di wilayahnya melalui pengurus-pengurus yang ada di tingkat kecamatan atau juga kelurahan dan kabupaten kota,"ucapnya.

Salah satu program pemberdayaan ekonomi yang sedang terus dikembangkan adalah produk makanan olahan berbahan ikan.

"Ini juga berkaitan dan sinergi dengan pemerintah mengingat masih rendahnya angka konsumsi ikan di Indonesia jadi kita punya program di sana meningkatkan produksi ikan dalam berbagai bentuk dan kita sudah punya tempat pengolahan nya sendiri," pungkasnya.

(Tito)

Berita Terkait